Denise Chariesta Idap Psoriasis Vulgaris saat Sedang Hamil, Sakit Apa Itu?

Kamis, 04 Mei 2023 - 09:30 WIB
loading...
Denise Chariesta Idap Psoriasis Vulgaris saat Sedang Hamil, Sakit Apa Itu?
Denise Chariesta mengaku mengidap penyakit autoimun yang namanya psoriasis vulgaris. Foto/Instagram Denise Chariesta
A A A
JAKARTA - Denise Chariesta mengaku mengidap penyakit autoimun yang namanya psoriasis vulgaris. Padahal dia saat ini sedang hamil anak pertama.

Gara-gara penyakit tersebut, Denise kerap mengalami ruam merah pada kulit. Lantas, apa itu psoriasis vulgaris?

Psoriasis vulgaris adalah penyakit tidak menular yang umumnya menyebabkan bercak bersisik, kulit meradang hingga dapat terjadi di sekujur tubuh. Umumnya, 'luka' psoriasis vulgaris ada di area lutut, siku, tangan, kaki, atau wajah.



Denise mengaku bukan cuma mengalami ruam kemerahan, tapi bisa sampai berdarah-darah akibat penyakit tersebut.

"Psoriasis sendiri adalah kondisi autoimun yang memengaruhi kulit. Ini dialami kurang lebih 3 persen dari populasi di Amerika Serikat," ungkap laporan Medical News Today, dikutip Kamis (4/5/2023).

Kata vulgaris berasal dari bahasa Latin yang artinya 'umum'. Jadi, secara sederhana, psoriasis vulgaris itu adalah kondisi psoriasis yang umum.

Pasien psoriasis vulgaris mesti rutin menjalani pengobatan, karena ini termasuk penyakit kronis. Gejala psoriasis vulgaris bisa datang dan pergi, tergantung pemicunya.



Nah, pemicu psoriasis vulgaris umumnya adalah makanan tertentu, merokok, stres, cedera pada kulit, beberapa jenis obat, dan infeksi tertentu.

Perlu diketahui, orang dengan psoriasis vulgaris harus selalu menjaga kelembaban kulit, kalau bisa 24 jam. Sebab, jika kulit mereka kering, gejala yang muncul bisa sangat serius.

Selain pakai pelembap, direkomendasikan bagi penderita psoriasis vulgaris untuk berhenti merokok, menggunakan krim kortikosteroid OTC, kelola stres, maupun jalani terapi komplementer (di luar terapi dokter), seperti akupuntur sekali pun ini belum ada bukti klinis yang mendukungnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)