Kuliner Ekstrem di Dunia, Embrio Bebek hingga Sup Kelelawar

Selasa, 09 Mei 2023 - 11:26 WIB
loading...
Kuliner Ekstrem di Dunia, Embrio Bebek hingga Sup Kelelawar
Beberapa negara di dunia dikenal memiliki sejumlah kuliner ekstrim karena terbuat dari bahan-bahan yang tak lazim. Salah satunya kuliner bernama Balut dari Filipina yang terbuat dari embrio bebek. Foto/Misteraladin.com
A A A
JAKARTA - Pernah terbayang untuk mengkonsumsi makanan yang tak lazim bahkan menjijikkan? Beberapa negara di dunia dikenal memiliki sejumlah kuliner ekstrem karena terbuat dari bahan-bahan yang tak lazim. Negara mana saja yang memiliki kuliner ekstrem, berikut enam di antaranya.

1.Balut (Embrio Bebek) Filipina

Bagi yang pernah menyantap balut, tentu sepakat cita rasanya nan lezat. Bagi yang belum, tentu merasa geli (atau tak tega) melihat rebusan embrio bebek ini.Banyak pedagang kaki lima yang menjajakannya. Biasa disajikan dengan bubuhan garam, sambal dan cuka. Pecahkan pucuk telor, sesap cairannya, lalu santap daging bayi bebeknya.

2.Cha Ruoi (Omelet Cacing) Vietnam

Cha ruoi adalah makanan Vietnam yang populer di Hanoi. Makanan ini merupakan omelet yang dibuat dari cacing pasir, dan dicampur dengan aneka rempah sebelum digoreng. Selain digemari oleh warga Hanoi, kuliner Vietnam yang satu ini juga dipercaya dapat membawa kebahagiaan bagi pasangan suami istri.



3.Shirako (Kantung Sperma Ikan) Jepang

Shirako adalah makanan ekstrem yang diolah dari bagian tubuh hewan yang terdengar aneh dan tak layak dikonsumsi. Jika dilihat secara seksama, Shirako mirip dengan usus sapi. Akan tetapi, bahan baku pembuatan Shirako berasal dari kelamin dan kantung sperma ikan.Makanan ini kerap dikonsumsi masyarakat setempat karena dinilai punya khasiat bagi tubuh.

4. Sup Kelelawar (Thailand dan Guam)

Sajian ini cukup terkenal di beberapa negara di Asia, seperti Thailand, Vietnam, hingga Guam. Ukuran badannya mungil dan hanya memakan buah. Pertama, kelelawar yang sudah mati akan dicuci terlebih dulu. Kemudian, dimasukkan ke dalam air yang mendidih sampai matang. Baru setelah itu, dimasak dengan santan, jahe, rempah-rempah dan aneka sayur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)