7 Artis Hollywood yang Pernah Dituduh Plagiat, Terbaru Ed Sheeran

Rabu, 10 Mei 2023 - 07:06 WIB
loading...
A A A
Menurut surat itu, Turk mengatakan liriknya dicuri dari hit grupnya, I Need A Hot Girl yang bahkan muncul di Billboard's Hot 100. Dalam lagu Montana, liriknya hampir persis dengan lirik yang diklaim Turk yang dia tulis dan tampilkan dalam lagunya yang dirilis pada 1999.

Namun, seorang sumber menyebutkan bahwa ini hanya kesalahpahaman, karena Montana sebenarnya telah membeli ketukan. Pengacara Turk mengatakan mereka bersedia untuk menyelesaikan di luar pengadilan.

5. Justin Bieber

7 Artis Hollywood yang Pernah Dituduh Plagiat, Terbaru Ed Sheeran

Foto/New York Post

Lagu romantis Justin Bieber yang dirilis pada 2021, 10,000 Hours yang menampilkan duo pop Dan + Shay berada di bawah pengawasan menyusul gugatan oleh label Melomega Music. Perusahaan itu mengklaim bahwa porsi inti dari lagu pemenang Grammy ini dijiplak dari lagu The First Time Baby Is A Holiday yang dirilis pada 1980.

Perwakilan Melomega mengatakan bahwa Bieber menjiplak dengan tidak sengaja dan berani. Mereka juga mengklaim bahwa 10,000 Hours tidak hanya secara substansial mirip dengan First Time, tapi Bieber menyalin secara detail, bagian inti yang paling penting dari lagu penggugat, yang mencakup paduan suara, bait, dan hook.

6. Dua Lipa

7 Artis Hollywood yang Pernah Dituduh Plagiat, Terbaru Ed Sheeran

Foto/Stars Insider

Ketenaran Dua Lipa melonjak dengan dirilisnya album Future Nostalgia, tetapi sekarang dia dituduh menjiplak salah satu lagu hitsnya. Band reggae Florida Artikal Sound System mengajukan gugatan pelanggaran hak cipta terhadap bintang pop Inggris itu yang mengklaim bahwa dia menjiplak lagu Live Your Life yang dirilis pada 2017.

Menurut dokumen, band ini menuduh bahwa Dua dan timnya mendengar lagu mereka sebelum 2020, yaitu ketika mereka mulai menulis Levitating, dan kemudian menyalinnya. Selain Dua, Artikal Sound System telah menyebut Warner Records dan lainnya sebagai terdakwa.

Dua kemudian tersandung gugatan pelanggaran hak cipta kedua atas lagu yang sama, tetapi kali ini oleh penulis lagu L. Russell Brown dan Sandy Linzer. Mereka mengklaim bahwa dia menjiplak melodi dari lagu disko yang dirilis 1979, Wiggle and Giggle All Night dan lagu Miguel Bose Don Diablo dirilis 1980 di mana mereka juga memiliki hak cipta.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)