Tak Perlu Berobat ke Luar Negeri, Zaskia Mecca Sebut Tenaga Medis di Indonesia Sangat Luar Biasa

Kamis, 11 Mei 2023 - 15:09 WIB
loading...
Tak Perlu Berobat ke Luar Negeri, Zaskia Mecca Sebut Tenaga Medis di Indonesia Sangat Luar Biasa
Zaskia Adya Mecca memiliki pengalaman berobat ke Singapura, namun dia terkejut ketika tahu ternyata tenaga medis Tanah Air tidak kalah dari negeri tetangga. / Foto: Kevi Laras
A A A
JAKARTA - Artis Zaskia Adya Mecca merupakan ibu dari enam orang anak. Tentu bukan hal yang mudah mengasuh keenam anaknya itu, terlebih lima di antaranya memiliki sakit asma.

Bahkan, istri Hanung Bramantyo itu sempat panik ketika anak keempatnya, Kaba sempat dibawa ke rumah sakit pada awal 2023 akibat asma .

Kala itu, dia sampai memutuskan untuk melakukan pengobatan anaknya ke Singapura. Di sisi lain, dia juga mengingat pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa tidak perlu melakukan pengobatan ke luar negeri.



Akan tetapi, pesan tersebut dia abaikan lantaran merasa khawatir dengan kondisi anaknya. "Aku jujur bingung, aku sampai ke Singapura untuk second opinion pengobatan anak aku. Padahal Pak Jokowi sudah bilang kita berobat sendiri di negara sendiri," kata Zaskia dalam sebuah acara talkshow di Jakarta, Rabu, 10 Mei 2023.

Dia pun tak menyangka, karena ketika di Singapura, dokter di negeri tersebut menyebutkan jika pengobatan yang diperoleh anaknya di Indonesia sudah tepat. Dengan demikian, anak Zaskia tidak perlu mendapatkan pengobatan lain di Singapura.

Artis 35 tahun itu pun merasa lega dan bersyukur mendapat keterangan dari dokter di Singapura. Akhirnya, dia memutuskan hanya untuk meminta pendapat lain terkait sakit dan pengobatan asma bagi anak-anaknya.

"Aku pengin sosialisasikan bahwa berobat di Indonesia tenang saja, kita memiliki tenaga medis yang luar biasa," tuturnya.

Sementara itu, Dokter Spesialis Paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr H. Mohammad Yanuar Fajar Sp.P, menyebutkan bahwa asma tidak bisa sembuh.

Tapi untuk asma karena kerja, kata dr. Yanuar, itu bisa disembuhkan, karena saat seseorang pindah ke tempat ruangan kerja lain bisa hilang asmanya.

"Asma itu umumnya tidak bisa sembuh, tapi yang bisa sembuh yaitu asma karena kerja. Asma ketika dipindahkan ke ruangan lain bisa sembuh, contoh karena kerja di ruangan tertentu di AC saat dipindah bisa sembuh," jelas dr. Yanuar.



Menukil dari laman kesehatan Healthline, asma akibat kerja adalah jenis asma yang dipicu tempat kerja, seperti adanya debu, pewarna gas dan asap bahan kimia industri, protein hewani, hingga lateks karet.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2928 seconds (0.1#10.140)