Melongok Restoran Hot Pot Terbesar Dunia, Jumlah Pengunjung Lebih Banyak dari Penduduk Kotanya

Jum'at, 12 Mei 2023 - 06:30 WIB
loading...
Melongok Restoran Hot Pot Terbesar Dunia, Jumlah Pengunjung Lebih Banyak dari Penduduk Kotanya
Melongok Restoran Hot Pot Terbesar Dunia, Jumlah Pengunjung Lebih Banyak dari Penduduk Kotanya
A A A
JAKARTA - Restoran hot pot mungkin ada banyak di berbagai negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Namun, di Kota Chongqing, China, terdapat sebuah restoran hot pot yang digadang-gadang merupakan yang terbesar di dunia.

Hot pot merupakan hidangan berupa steamboat yang sangat populer di China. Pada sajian hot pot biasanya terdapat isian daging sapi slice, seafood, bakso, aneka sayuran, dan lain sebagainya.

Dilansir dari laman Odditycentral, Jumat (12/5/2023), Kota Chongqing di China merupakan rumah bagi restoran hot pot terbesar di dunia. Kabarnya, di kota tersebut terdapat sebuah restoran hot pot yang luasnya mencakup seluruh lereng bukit. Bahkan, menurut informasi yang beredar, restoran tersebut memiliki 888 meja yang bisa menampung sekitar 5.800 orang sekaligus.



Wilayah Chongqing sendiri memang terkenal dengan hot pot-nya. Terdapat puluhan ribu restoran yang berspesialisasi dalam hidangan panas dan pedas tersebut.

Namun, bila ingin mencari restoran yang mengesankan, Anda bisa mengunjungi Pipa Yuan, sebuah restoran raksasa bertingkat yang berada di atas bukit besar. Restoran tersebut terletak di distrik Nan'an, di pinggiran Kota Chongqing.

Luas area Pipa Yuan terbilang mengejutkan, karena memiliki area 3.300 meter persegi. Saking luas restoran Pipa Yuan, pengunjung memerlukan petunjuk arah untuk menemukan meja yang dipesan di antara ratusan meja yang tersedia.

Karena luasnya yang cukup berbeda dari restoran lain, Pipa Yuan sudah lama dijuluki sebagai restoran hot pot terbesar di dunia. Sebutan ini bukan sekadar julukan atau isapan jempol, karena pada tahun lalu rekor tersebut sudah diresmikan oleh Guinness Record.



Fakta menariknya, karena restoran tersebut sangat besar dan terletak di lereng bukit yang curam, pengunjung bisa memakan waktu hingga 30 menit dari tempat parkir di bawah bukit, ke salah satu dari 888 meja yang tersedia di restoran.
Melongok Restoran Hot Pot Terbesar Dunia, Jumlah Pengunjung Lebih Banyak dari Penduduk Kotanya

Foto/Odditycentral

Namun, hal tersebut tak lantas menyurutkan niat wisatawan dan masyarakat untuk datang, karena restoran tersebut sangat populer. Tapi, fakta lainnya, meski kapasitas restoran besar, menemukan meja tanpa reservasi terlebih dulu hampir tidak mungkin, khususnya di musim semi dan musim panas.

Banyak masyarakat dari seluruh penjuru China datang untuk menikmat langsung hidangan di restoran hot pot terbesar di dunia itu. Bahkan, Pipa Yuan dikabarkan melayani lebih banyak wisatawan dibanding penduduk di kota tersebut.

Untuk restoran sebesar itu, Pipa Yuan dikabarkan memiliki banyak staf. Mereka mempekerjakan ratusan pelayan, puluhan koki, puluhan staf dapur, dan lebih dari 25 kasir.



Fakta menarik lain, Pipa Yuan selalu ramai baik di siang hari maupun malam hari. Khusus di malam hari, para pengunjung bakal disuguhkan panorama lampu warna-warni yang menghiasi seluruh lereng bukit.

Menurut ulasan online, meski penyajian makanan di restoran tersebut bisa agak lama pada jam-jam tersibuk, tapi bahan yang digunakan cukup segar dengan paduan rempah-rempah hingga menjadi sajian yang lezat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4242 seconds (0.1#10.140)