Castella Cake Bisa Dimatangkan dengan Rice Cooker, Begini Caranya

Rabu, 22 Juli 2020 - 18:31 WIB
loading...
Castella Cake Bisa Dimatangkan dengan Rice Cooker, Begini Caranya
Tekstur lembut dan berpori ditambah dengan whipped cream manis serta gurihnya keju, membuat castella cake cocok dijadikan teman minum kopi atau teh. Foto/YouTube Devina Hermawan
A A A
JAKARTA - Castella cake atau kasutera adalah jenis sponge cake yang sangat populer di Jepang. Kue ini cukup mudah dibuat karena tidak memerlukan pengembang seperti SP, TBM, ataupun ovalet.

Menariknya, kue ini juga bisa dimasak menggunakan rice cooker lho. Seperti yang dipraktikkan oleh Chef Devina Hermawan. Tekstur kue yang lembut dan berpori ditambah dengan whipped cream manis serta gurihnya keju, membuat kudapan satu ini cocok dijadikan teman minum kopi atau teh. ( )

Anda penasaran dengan rasanya? Dikutip dari channel YouTube Chef Devina, berikut resep membuat castella cake menggunakan rice cooker.

Bahan:
4 butir kuning telur
40 gr gula pasir
40 ml minyak
60 ml susu cair
85 gr tepung protein sedang
4 butir putih telur
60 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdt ekstrak vanila
2,5 sdt baking powder (opsional)
2 keju lembaran

Bahan Coating:
150 ml whipped cream
25 gr gula pasir
200 gr keju cheddar

Cara Membuat:
1. Kocok kuning telur, gula, minyak, susu, garam, dan ekstrak vanila sampai larut atau tercampur rata.
2. Tambahkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak sedikit demi sedikit, aduk rata.
3. Kocok putih telur sampai mengembang, tambahkan gula dalam dua bagian. Aduk sampai putih telur yang jika diangkat akan membentuk paruh burung.
4. Tuang 1/4 adonan ke dalam adonan kuning telur, aduk rata. Campurkan ke dalam 3/4 adonan putih telur yang tadi, aduk rata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang rice cooker yang sudah diolesi mentega dan terigu. Beri potongan keju di dalam adonan, jangan sampai menyentuh dasar loyang. ( )
6. Masak dengan rice cooker selama 40 menit. Setelah matang, angkat dan balikkan loyang, lalu dinginkan di atas cooling rack.
7. Kocok whipped cream dan gula sampai kaku, masukkan ke dalam piping bag.
8. Setelah dingin belah dua kue sama rata, lalu semprotkan whipping cream secara merata di layer pertama dan ratakan dengan spatula. Tumpuk dengan layer kedua, semprotkan lagi hingga rata di seluruh permukaan kue, ratakan dengan spatula.
9. Beri parutan keju hingga menutupi seluruh permukaan kue.
10. Castella cake siap disajikan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)