5 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Konsumsi Pisang, Lebih Manjur dari Obat

Sabtu, 13 Mei 2023 - 16:30 WIB
loading...
5 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Konsumsi Pisang, Lebih Manjur dari Obat
Beberapa penyakit dipercaya bisa disembuhkan dengan konsumsi pisang. Selain penguat energi, pisang salah satu jenis buah dengan banyak manfaat kesehatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa penyakit dipercaya bisa disembuhkan dengan konsumsi pisang . Selain penguat energi, pisang merupakan salah satu jenis buah dengan banyak manfaat kesehatan.

Dengan banyak gula sehat dan serat larut alami, pisang dapat dianggap sebagai pengganti yang baik untuk pengobatan konvensional beberapa masalah kesehatan. Sejumlah penelitian pun sudah membuktikannya.

Mengonsumsi serat, seperti yang ada di pisang, penting bagi kesehatan kita dalam hal mengurangi risiko diabetes, sembelit, dan penyakit jantung. Makan pisang secara teratur juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Konsumsi Pisang



Selain itu, pisang dapat mengurangi risiko asma dan diare, serta meningkatkan daya ingat dan suasana hati. Berikut adalah penyakit yang dapat disembuhkan dengan konsumsi pisang dilansir dari NDTV, Sabtu (13/5/2023).



1. Sindrom Pramenstruasi (PMS)


Pisang kaya akan vitamin B6, yang cenderung memiliki efek positif pada kadar glukosa dalam darah. Studi menunjukkan bahwa vitamin tipe B efektif dalam mengobati gejala PMS pada wanita. Vitamin tipe B sangat membantu dalam mengurangi sakit perut, nyeri di dada, dan mengatur perubahan suasana hati.

2. Tekanan Darah


Salah satu manfaat kesehatan terpenting dari pisang adalah membantu mengatur tekanan darah. Ini karena kandungan potasium pada pisang. Menurut para ahli, mengonsumsi pisang setiap hari efektif mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.



3. Depresi


Protein tryptophan dalam pisang memfasilitasi pelepasan hormon kebahagiaan yang disebut serotonin dalam tubuh. Dengan demikian, mengonsumsi satu buah pisang saja dalam sehari akan membantu Anda merasa lebih tenang, bahagia, dan rileks. Pisang juga membantu dalam meningkatkan daya ingat.

4. Sembelit


Pektin dalam pisang membuat buah membantu pencernaan yang lebih baik dalam tubuh. Makanan ini juga membantu membuang racun dari tubuh. Kandungan serat pada pisang menjadikannya pencahar yang baik dan alami. Orang yang menderita sembelit dapat mengonsumsi pisang secara teratur untuk meringankan kondisinya.



5. Detak Jantung


Orang yang terlalu banyak stres, mengalami percepatan metabolisme, dengan berkurangnya kadar potasium dalam tubuh. Pisang, sebagai sumber potasium yang kaya, dapat membantu membuat detak jantung normal. Ini juga menjaga keseimbangan air dalam tubuh.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)