Vegan Festival 2023 Ajak Generasi Muda Jalankan Pola Gaya Hidup Sehat

Sabtu, 13 Mei 2023 - 17:46 WIB
loading...
Vegan Festival 2023 Ajak Generasi Muda Jalankan Pola Gaya Hidup Sehat
Masyarakat terutama generasi muda diharapkan bisa terinspirasi dan tergerak menjalankan pola gaya hidup sehat, gaya hidup berbasis nabati atau vegan. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Film merupakan salah satu media yang luar biasa untuk menggerakkan atau mengubah cara pandang dan kehidupan masyarakat. Hal ini menjadi salah satu yang coba dimanfaatkan dalam World Vegan Film (Asia).

World Vegan Film (Asia) pun digelar dengan menampilkan berbagai pilihan film yang menginspirasi dan menggugah pemikiran yang mempromosikan veganisme dan perlindungan hewan, serta mengeksplorasi fakta fakta tentang industri daging, susu dan telur.

Bersamaan dengan World Vegan Film (Asia), digelar juga acara 8th WVO Conference & Vegan Festival 2023. Rangkaian kegiatan yang mengusung tema 'Go Vegan, untuk Dunia yang Lebih Berkelanjutan' ini sendiri digagas Indonesia Vegetarian Society (IVS), Vegan Society Indonesia (VSI) dan World Vegan Organisation (WVO).



Seluruh kegiatan itu pun berlangsung di Jakarta pada 12-14 Mei 2023. Kemudian, dilanjutkan di Bali pada 15-17 Mei 2023.

"Kami sangat senang bisa menghadirkan kegiatan ini yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan manfaat gaya hidup vegan, dan menginspirasi orang orang untuk mengambil tindakan demi planet ini demi perlindungan hewan dan semuanya demi kesehatan mereka sendiri," tutur Pendiri & Presiden Organisasi Vegan Dunia (WVO), Dr. Susianto saat di Ballroom Hilton Garden Inn Palem, Jakarta Barat, Sabtu (13/5/2023).

Seperti disebutkan sebelumnya, film merupakan sarana yang efektif untuk memengaruhi cara pandang masyarakat. Ini telah dibuktikan oleh film Cowspiracy: The Sustainability Secret karya Keegan Kuhn yang mampu membuat 40 ribu orang memilih untuk menjadi vegetarian.

"Kami berharap masyarakat terutama generasi muda bisa terinspirasi dan tergerak memilih atau menjalankan pola gaya hidup sehat, gaya hidup berbasis nabati atau vegan. Karena sehat itu bukan hanya untuk badan tubuh, namun juga eksosistem bumi, lingkungan hidup melalui medium film," tuturnya.

Sementara itu, festival vegan ini juga menyuguhkan sesi meet n greet, serta tanya-jawab dengan Keegan Kuhn. Dalam kesempatan ini, dia ingin momen ini untuk berbagi.

Selain itu, dia juga berupaya memberikan wawasan dan pemahaman, serta pengalamannya tentang veganisme dan hidup berkelanjutan, termasuk dampaknya untuk bumi melalui film Cowspiracy: The Sustainability Secret.

"Film ini sudah berumur 10 tahun, dan cukup relevan dengan kondisi beberapa tahun terakhir ini, di mana makin terasa perubahan iklim. Semoga film yang saya buat ini bisa menginspirasi banyak orang untuk menjadi game changer gerakan perubahan," ungkap Keegan.



Keegan pun bersyukur bahwa dirinya tumbuh besar dengan didikan orang tuanya yang tidak menyakiti hewan untuk dimakan atau dikonsumsi.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)