3 Negara dengan Penderita Diabetes Terbanyak di Dunia, China Posisi Pertama

Senin, 15 Mei 2023 - 12:13 WIB
loading...
3 Negara dengan Penderita Diabetes Terbanyak di Dunia, China Posisi Pertama
Ada tiga negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia. Posisi pertama dalam daftar ini ditempati oleh China dengan jumlah kasus tembus hingga 140,9 juta. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada tiga negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia . Posisi pertama dalam daftar ini ditempati oleh China dengan jumlah kasus tembus hingga 140,9 juta.

Diabetes sendiri merupakan penyakit metabolik yang banyak diderita oleh masyarakat dari berbagai negara . Kondisi ini disebabkan karena akibat kadar glukosa dan gula darah dalam tubuh yang meningkat.

Sementara itu, gejala diabetes biasanya ditandai dengan rasa haus, sering buang air kecil, berat badan turun tanpa alasan yang jelas, keton dalan urine, lelah dan lemah, mudah tersinggung, penglihatan kabur hingga luka yang lambat sembuh.

Negara dengan Penderita Diabetes Terbanyak di Dunia



Berikut negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (15/5/2023).



1. China

3 Negara dengan Penderita Diabetes Terbanyak di Dunia, China Posisi Pertama

Foto/Travel Leisure Asia

China menduduki urutan pertama negara yang warganya banyak menderita diabetes. Melansir data Statista, negara ini memiliki 140,9 juta penderita diabetes pada 2021. Para pakar di China sepakat bahwa tingginya angka diabetes di negara itu karena gaya hidup masyarakatnya yang kurang sehat.

Dua per tiga pasien diabetes di China tidak menyadari bahwa dirinya terkena diabetes. Sehingga, tidak ada pencegahan. Karena lambatnya pengobatan, maka penyakit komplikasi dengan tingkat keparahan yang lebih tinggi pun terjadi, seperti stroke, penyakit ginjal kronis, hingga penyakit kardiovaskular.

Menyadari tingginya penderita diabetes di China, pemerintah meluncurkan cetak biru China Sehat 2030 pada 2016. Dokumen itu memuat tujuan meningkatkan manajemen pencegahan dan mengatasi penyakit diabetes. Pada 2030, pemerintah China menargetkan penderita diabetes dapat dipangkas hingga 70 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)