Lihat dari Dekat Radjawali Semarang Cultural Center, Pusat Seni Budaya Skala Internasional di Jawa Tengah

Rabu, 17 Mei 2023 - 16:08 WIB
loading...
Lihat dari Dekat Radjawali Semarang Cultural Center, Pusat Seni Budaya Skala Internasional di Jawa Tengah
Endah Laras dan Andien memeriahkan momen peresmian Radjawali Semarang Cultural Center, belum lama ini. Foto/Istimewa
A A A
SEMARANG - Gedung pertunjukan berskala internasional resmi hadir di Semarang, Jawa Tengah. Tak hanya mengusung desain serta teknologi pertunjukan mutakhir, kehadiran performance hall bernama Radjawali Semarang Cultural Center (Radjawali SCC) itu juga diamatkan untuk mewadahi sekaligus memajukan sektor seni budaya di Semarang dan Jawa Tengah pada umumnya.

Peresmian Radjawali SCC terasa kian monumental karena bertepatan dengan bulan ulang tahun ke-476 Provinsi Jawa Tengah serta hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei mendatang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik hadirnya Radjawali SCC yang dibangun sejak 2016 dan sudah mulai diujicobakan oleh para seniman lokal sejak 2019, namun belum sempat diresmikan karena terkendala pandemi Covid-19.



“Pemerintah provinsi Jawa Tengah sangat mengapresiasi segala upaya yang dilakukan berbagai pihak dalam pengembangan dan pelestarian seni budaya di sejumlah daerah, khususnya Radjawali SCC yang memiliki visi dan komitmen untuk mendukung pentas seni di Jawa Tengah,” ungkap Ganjar Pranowo dalam sambutan tertulis pada peresmian RSCC, belum lama ini.

Ditilik dari model bangunannya, Radjawali SCC mengusung makna filosofi yang mendalam. Gaya serta desainnya sarat unsur keindonesian, di mana negeri kita dikenal kaya akan hasil alam dan laut, serta batik yang menjadi salah satu ikon budaya Nusantara.

“Radjawali SCC merupakan persembahan terbaik untuk karya seni Indonesia karena dibangun dengan rasa bangga serta cinta pada seni dan budaya Indonesia. Seluruh desain ruangan di Radjawali SCC merupakan kolaborasi seni budaya warisan nenek moyang dengan karya seni modern," kata General Manager Radjawali Semarang Cultural Center Handrijana Hardha pada kesempatan yang sama.

"Desain yang digunakan terinspirasi dari tiga unsur yaitu hutan, laut, dan batik sehingga memberikan suasana yang unik sekaligus menonjolkan keberagaman seni budaya Indonesia. Walaupun dari sisi desain bangunan menggunakan unsur-unsur budaya Indonesia, namun fasilitas yang kami sediakan berstandar internasional,” tambahnya.



Radjawali SCC terbagi menjadi tiga area. Yakni Outdoor Plaza, Multifunctian Hall, dan Performance Hall.

Khusus di Performance Hall, dibangun sebuah panggung berukuran 16 x 7 meter, lengkap dengan LED Videotron P4 12 x 6 meter dengan kapasitas kursi 286 penonton, akustik, ruang FOH dan sound engineering, color changing lighting, serta operator multimedia.

Ruangan ini biasa digunakan untuk pertunjukan seni seperti konser musik, pagelaran teater, tari, fashion show, pemutaran film, seminar/workshop, konferensi, peluncuran produk, acara penghargaan, hingga gathering perusahaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)