6 Sutradara Wanita Hebat Indonesia, Nomor 5 Anak Garin Nugroho

Kamis, 18 Mei 2023 - 10:03 WIB
loading...
6 Sutradara Wanita Hebat Indonesia, Nomor 5 Anak Garin Nugroho
Chloe Zhao menjadi perempuan Asia pertama yang meraih penghargaan Piala Oscar 2021 sebagai sutradara terbaik.
A A A
JAKARTA - Kesuksesan sebuah film tak pernah lepas dari peran sutradara dan tim produksi yang berada di belakangnya. Bisa dibilang sukses tidaknya sebuah film salah satunya karena faktor sutradara.

Indonesia memiliki segudang sutradara hebat yang namanya berhasil menembus pasar dunia, termasuk sutradara wanita. Berikut ini 6 sutradara wanita berbakat yang punya prestasi mendunia.

1.Mouly Surya
6 Sutradara Wanita Hebat Indonesia, Nomor 5 Anak Garin Nugroho

Foto/cinemags

Mouly Surya bukan lah orang baru di industri perfilman. Ia malang melintang dengan banyak karya yang membanggakan. Selain film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, dua film lainnya juga berhasil mencuri perhatian dunia yaitu What They Don't Talk About When They Talk About Love dan Fiksi.

Kedua film Mouly berhasil meraih penghargaan di Sundance International Film Festival di Amerika Serikat, Goteborg International Film Festival Swedia, Rotterdam International Film Festival Belanda, serta Hong Kong International Film Festival.

Tahun 2020, ia dipercaya untuk mengarahkan film Trigger Warning yang dibintangi oleh aktris Hollywood, Jessica Alba.

2.Nan T. Achnas
6 Sutradara Wanita Hebat Indonesia, Nomor 5 Anak Garin Nugroho

Foto/wikipedia

Nan Triveni Achnas alias Nan Achnas merupakan salah satu sutradara dibalik kesuksesan film Kuldesak. Ia menjadi salah satu sutradara wanita yang berpengaruh bagi perfilman Indonesia di masa 1990-an.

Salah satu karyanya, Pasir Berbisik yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo berhasil mencuri perhatian dunia. Film ini memenangkan Brisbane International Film Festival, Oslo Films from the South Festival, Asia-Pacific Film Festival, Seattle International Film Festival, serta Festival Film Indonesia. Bahkan berkat film ini, nama Dian Sastrowardoyo juga berhasil membawa pulang berbagai penghargaan untuk kategori Aktris Terbaik.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)