3 Bahaya Makan Malam sebelum Tidur, Nomor Terakhir Penyakit yang Serius

Kamis, 18 Mei 2023 - 19:50 WIB
loading...
3 Bahaya Makan Malam sebelum Tidur, Nomor Terakhir Penyakit yang Serius
Makan malam sebelum tidur bisa membahayakan bagi kesehatan. Foto Ilustrasi/Today.line.me
A A A
JAKARTA - Makan malam sebelum tidur bisa membahayakan bagi kesehatan. Pasalnya, tubuh membutuhkan beberapa waktu untuk mencerna makanan dari perut ke usus. Bila Anda langsung tidur, proses tersebut akan terhambat.

Ada banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari makan sebelum tidur, seperti mulas di malam hari, GERD, hingga kesulitan dalam tidur.

Lantas, sebenarnya kapan sih waktu terbaik untuk berhenti makan sebelum tidur?



Dilansir dari Verywellheath, Kamis (18/5/2023), menurut ahli gizi, Anda harus berhenti makan tiga jam sebelum tidur. Misalnya Anda tidur jam 9 malam, berarti jam 6 sore harus berhenti makan.

Jadi, apa bahayanya bila tetap makan sebelum tidur? Berikut ulasannya.

1. SulitTidur

Makan terlalu banyak menjelang tidur juga bisa menyebabkan Anda kesulitan untuk memejamkan mata. Penelitian menunjukkan bahwa semakin dekat seseorang makan sebelum tidur, semakin besar kemungkinan mereka terbangun sepanjang malam.

Hal itu terjadi karena makanan dapat mendorong pelepasan insulin, hormon yang membantu tubuh Anda menggunakan makanan untuk energi. Proses ini dapat menggeser ritme sirkadian tubuh dengan memberi tahu otak untuk tetap terjaga dan mengganggu kemampuan Anda untuk tertidur.


2. Menambah Berat Badan

Makan menjelang tidur dipastikan bisa menambah berat badan. Para peneliti telah melihat hubungan antara waktu makan yang terlambat dan penambahan berat badan, tetapi mereka tidak yakin mengapa ada hubungannya. Kemungkinan besar karena banyak faktor, seperti metabolisme dan insulin.

3. GERD

Tidur setelah makan bisa mengganggu masalah refluks asam di lambung dan menyebabkan GERD, salah satu penyakit lambung yang serius. Hal itu karena makanan akan naik kembali ke kerongkongan. Selain itu, perut juga akan merasa mulas di malam hari, heartburn, dan gangguan lainnya. Gangguan seperti itu tentu saja sangat mengganggu aktivitas.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)