Diabetes Tipe 2, Waktu Makan Terbaik untuk Hindari Gula Darah Tinggi

Selasa, 03 Agustus 2021 - 07:00 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, Waktu...
Diabetes Tipe 2, Waktu Makan Terbaik untuk Hindari Gula Darah Tinggi. Express.
A A A
JAKARTA - Waktu terbaik untuk makan penting diketahui guna menghindari kadar gula darah tinggi bagi penderita diabetes tipe 2. Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan serangkaian masalah yang sering menjadi gejala pertama diabetes sehingga menemukan cara alternatif untuk mengaturnya adalah kunci untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Dilansir dari Express, Selasa (3/8) menjalankan diet yang tepat dapat meniru efek insulin, tetapi apa yang Anda makan bukanlah satu-satunya hal yang diperhitungkan.

Menurut Dr Sarah Brewer mengatakan waktu makan juga berperan dalam pengendalian gula darah. Anda harus berusaha untuk makan pada waktu yang sama setiap hari, jadi cobalah untuk tetap pada waktu makan yang biasa saat makan di luar.

"Makan sedikit dan sering di siang hari mungkin lebih baik daripada makan tiga kali dalam jumlah besar tetapi selalu ikuti saran dokter Anda berdasarkan obat yang Anda minum," kata Brewer.

Untuk orang tanpa diabetes tipe 2 , penelitian terbaru menunjukkan bahwa frekuensi makan yang tinggi hingga enam kali sehari meningkatkan risiko kesehatan dibandingkan dengan frekuensi makan yang rendah yaitu satu sampai dua kali sehari.

Baca Juga : 1.139 Kasus Varian Covid-19 Ditemukan di Indonesia, Termasuk Varian Delta

"Ini mungkin terkait dengan efek menguntungkan dari puasa dalam mengurangi kadar kolesterol, peradangan , meningkatkan pemecahan sel yang rusak atau dan efek pada bakteri usus dan ketahanan terhadap stres," jelas Brewer.

Namun, ketika Anda menderita diabetes tipe 2, penting untuk menghindari jeda yang lama antara makan untuk menjaga kadar glukosa darah. Beberapa orang perlu makan setiap tiga hingga empat jam dan kebanyakan penderita diabetes tidak boleh makan lebih dari lima atau enam jam di antara waktu makan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Sering Melewatkan Sarapan, Risiko Diabetes Bisa Meningkat
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes...
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes pada Anak Muda, Nomor 4 Sering Tak Disadari
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Rekomendasi
Instagram Down Massal,...
Instagram Down Massal, Benarkah Sengaja Diblokir karena Demo Mahasiswa?
Waka BGN Sony Sonjaya...
Waka BGN Sony Sonjaya Ajukan Justice Collaborator, Kejagung Bakal Periksa Pekan Depan
Hidayat Batubara Daftar...
Hidayat Batubara Daftar Balon Ketua POBSI Sumut
Berita Terkini
Kasus Erin Berbalik...
Kasus Erin Berbalik Arah? Bukti Psikologis Nur Disebut Untungkan Herawati
Tak Hanya Ganggu Mental,...
Tak Hanya Ganggu Mental, Sering Marah-marah Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh
Babak Baru Kasus Erin...
Babak Baru Kasus Erin Wartia, Pelapor Serahkan Dokumen LPSK ke Penyidik
Pesona China yang Berbeda:...
Pesona China yang Berbeda: Eksplor Keunikan Infrastruktur Chongqing dan Alam Zhangjiajie
Cut Meyriska Syok Hanania...
Cut Meyriska Syok Hanania Travel Bermasalah, Padahal Sudah Kantongi Akreditasi dan Rekor MURI
Desainer Indonesia Ditantang...
Desainer Indonesia Ditantang Jadi Agen Perubahan, Tak Lagi Sekadar Estetika
Infografis
Cegah Anemia, Ini 3...
Cegah Anemia, Ini 3 Waktu Terbaik Makan Daging bagi Wanita
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved