5 Kota Terkaya di Dunia, DKI Jakarta Urutan Berapa?

Rabu, 24 Mei 2023 - 06:30 WIB
loading...
5 Kota Terkaya di Dunia, DKI Jakarta Urutan Berapa?
Kota terkaya di dunia mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Selain itu, kota-kota tersebut juga menjadi tempat bernaung bagi perusahaan besar dunia berada. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kota terkaya di dunia mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan maju setiap tahunnya. Selain itu, kota-kota tersebut juga menjadi tempat bernaung bagi perusahaan besar dunia berada.

Industri tersebut menjadi senjata untuk menghasilkan pendapatan fantastis. Karena itu, tak heran jika kota di berbagai negara ini masuk ke dalam daftar kota terkaya di dunia .

Di sisi lain, deretan kota ini merupakan rumah bagi ratusan ribu jutawan dan puluhan miliarder terkenal. Seperti halnya lima kota ini.

Kota Terkaya di Dunia



Berikut daftar kota terkaya di dunia dilansir dari berbagai sumber, Rabu (24/5/2023).



1. New York, Amerika Serikat

5 Kota Terkaya di Dunia, DKI Jakarta Urutan Berapa?

Foto/Nomadic Matt

Kota New York di Amerika Serikat (AS) ada di urutan pertama kota terkaya di dunia 2023 versi data Henley and Partners. Sepanjang 2012 hingga 2022, kota ini mengalami pertumbuhan ekonomi hingga 40 persen.

New York sendiri adalah rumah bagi setidaknya 340 ribu orang jutawan dan 58 miliarder terkenal di dunia. New York atau yang biasa disebut NYC (New York City) merupakan pusat keuangan AS dan markas bagi 2 bursa saham terbesar di dunia, NYSE dan Nasdaq.

2. Los Angeles, Amerika Serikat

5 Kota Terkaya di Dunia, DKI Jakarta Urutan Berapa?

Foto/TripAdvisor

Los Angeles (LA) menjadi salah satu kota terkaya di dunia. Terdapat setidaknya 205 ribu jutawan dan 42 miliarder yang menetap di kota ini. Industri yang menjadi andalan LA adalah teknologi, real estate, media, hiburan, dan transportasi.

Dari sederet industri itu, media dan hiburan adalah senjata utama LA. Kedua bidang tersebut memberikan pendapatan hingga miliaran dolar untuk LA, terutama dengan keberadaan Hollywood.



3. Singapura, Singapura

5 Kota Terkaya di Dunia, DKI Jakarta Urutan Berapa?

Foto/Holidify

Singapura menjadi satu-satunya kota di Asia Tenggara yang masuk dalam jajaran lima besar kota terkaya di dunia. Henley and Partners mencatat, kota ini dihuni oleh 27 miliarder serta menjadi kota tujuan migrasi para jutawan.

Sekitar 280 ribu orang berpenghasilan tinggi pindah ke Singapura pada 2022. Selanjutnya, Singapura juga dianggap sebagai kota paling ramah bisnis di dunia.

4. London, Inggris

5 Kota Terkaya di Dunia, DKI Jakarta Urutan Berapa?

Foto/Full Suitcase

London juga masuk dalam jajaran kota terkaya di dunia. Kota ini menjadi rumah bagi 58 miliarder dan lebih dari 300 ribu jutawan dengan beragam hunian elitenya. Beberapa kawasan elite di kota itu adalah Chelsea, Knightsbridge, Regents Park, dan Mayfair.

Financial Times menyebut, perekonomian di London jauh lebih unggul dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Hal tersebut membuktikan bahwa kota ini berhasil pulih dengan cepat pasca pandemi Covid-19.



5. Tokyo, Jepang

5 Kota Terkaya di Dunia, DKI Jakarta Urutan Berapa?

Foto/CNN

Selanjutnya, ada Kota Tokyo yang merupakan ibu kota Jepang. Kota kaya yang juga menjadi salah satu sentra mode dunia ini diisi oleh 290 ribu jutawan dan 14 miliarder. Banyak perusahaan besar dunia yang memiliki kantor pusat di Tokyo, seperti Honda, Mitsubishi, dan Hitachi.

Jepang memang terkenal karena menjadi salah kota dengan ekonomi terbesar dan maju di dunia. Sepanjang era 1960-an hingga 1980-an, Jepang menjadi kota dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia karena menerapkan standar pendidikan yang tinggi, tingkat investasi tinggi, dan akses teknologi yang mumpuni.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)