Mengenal Pound Fit, Olahraga Asyik dengan Dua Stik yang Kini Lagi Ngetren

Kamis, 25 Mei 2023 - 13:34 WIB
loading...
Mengenal Pound Fit, Olahraga Asyik dengan Dua Stik yang Kini Lagi Ngetren
Pound Fit adalah olahraga kardio yang dilakukan dengan gerakan layaknya bermain drum menggunakan stik.Olahraga ini disebut sebagai kombinasi antara cardio, pilates dan drum. Foto/poundfit.com
A A A
JAKARTA - Anda penyuka olahraga tentu sudah mulai mendengar istilah olahraga Pound Fit. Ya olahraga Pound Fit adalah olahraga kardio yang dilakukan dengan gerakan layaknya bermain drum menggunakan stik dengan durasi kurang lebih selama 45 menit.

Belakangan, olahraga Pound Fit tengah digemari banyak orang karena manfaatnya yang mampu membakar hingga 900 kalori. Bahkan olahraga ini disebut-sebut banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut sejumlah fakta-fakta tentang olahraga Pound Fit.

Pound Fit, Olahraga Cardio yang Gunakan Drum Sebagai Inspirasi
Mengenal Pound Fit, Olahraga Asyik dengan Dua Stik yang Kini Lagi Ngetren

Foto/ScarfMedia

Dikutip dari Health Fitness Revolution, Selasa (31/01/2023), tren olahraga baru bernama Pound Fit ini muncul dari perbukitan Hollywood, California.

Pound fit adalah teknik kardio baru yang diciptakan oleh Carrie Ekins, sosok yang berada di kursi roda pada saat dia menemukan Pound Fit.

Ekins yang duduk di kursi roda tersebut menggunakan drum sebagai inspirasi untuk menghasilkan sesuatu yang merupakan perpaduan intens antara cardio, taiko (alat musik seperti drum), dan dance.

Mirip Yoga dan Pilates
Mengenal Pound Fit, Olahraga Asyik dengan Dua Stik yang Kini Lagi Ngetren

Foto/alodokter

Olahraga Pound Fit ini menciptakan irama untuk menjadi musik dan mengiringi latihan untuk menggembirakan tubuh saat sedang melakukan olahraga kardio. Adapun gerakan Pound Fit ini terinspirasi dari yoga dan pilates.

Manfaat Pound Fit
Mengenal Pound Fit, Olahraga Asyik dengan Dua Stik yang Kini Lagi Ngetren

Foto/beautBeat

1.Menurunkan Berat Badan

Pound fit adalah cara yang pas untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya membakar lemak saat berolahraga, tetapi latihan interval kardio membantu membakar lemak bahkan setelah berolahraga.

2. Meningkatkan Fokus untuk Membangun Sistem Kekebalan Tubuh yang Sehat

Segala bentuk olahraga dapat membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih sehat. Olahraga Pound Fit melibatkan pergerakan setiap bagian tubuh pada saat yang sama.

Selain itu, fokus kepada gerakan layaknya memukul drum dapat membuat konsentrasi menjadi lebih baik.

3. Meningkatkan Mood

Aerobik adalah tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga melawan depresi, mengurangi kemungkinan terkena diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Segala bentuk latihan sangat bagus untuk menjernihkan pikiran secara mental dan juga untuk meningkatkan fungsi dan kemampuan kognitif.

4. Olahraga yang Menyenangkan
Mengenal Pound Fit, Olahraga Asyik dengan Dua Stik yang Kini Lagi Ngetren

Foto/beauty journal

Pound fit adalah kombinasi dari pilates, cardio, drum, dan light resistance. Olahraga mungkin adalah kegiatan yang tidak menyenangkan bagi semua orang, jadi pound fit menawarkan berbagai teknik latihan yang berbeda. Keragaman yang ditawarkan latihan ini membuatnya menantang secara mental dan fisik.

5. Memotivasi dan Membangkitkan Semangat

Apa yang membuat Pound Fit unik adalah cara penabuh drum yang sangat memotivasi dan dapat merasakan berbagai genre musik. Latihan semacam ini dapat meningkatkan kemampuan memori.

Pound Fit untuk Pemula

1.Lakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot dapat bergerak bebas dan tidak kaku.2.Bergerak sesuai kemampuan.

3.Jangan paksakan gerakan hingga melukai tubuh.

4.Kenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.

5.Pilih matras dengan ketebalan yang pas agar nyaman saat berolahraga
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0955 seconds (0.1#10.140)