Mengenal Lebih Dalam tentang Musik Jazz, yang Bisa Bikin Kamu Tenang

Jum'at, 26 Mei 2023 - 16:24 WIB
loading...
Mengenal Lebih Dalam tentang Musik Jazz, yang Bisa Bikin Kamu Tenang
Saat ini, banyak orang yang mempercayai bahwa musik jazz merupakan budaya dari Afrika dan Eropa. / Foto: Instagram @javajazzfest
A A A
JAKARTA - Saat ini, banyak orang yang mempercayai bahwa musik jazz merupakan budaya dari Afrika dan Eropa. Akan tetapi, lain dari hal tersebut, orang kulit hitam(embed dengan utm link) di Amerika Serikat lah yang sangat berperan akan musik jazz. Hal ini berkat komunitas Afrika-Amerika di New Orleans, sehingga musik jazz mulai dikenal pada akhir abad ke 19 hingga awal abad ke 20.

Musik jazz dikenal dengan musik yang sulit dimengerti seiring berkembangnya zaman. Padahal, musik jazz sendiri merupakan gabungan dari tradisi musik klasik barat dan musik Afrika-Amerika yang memiliki irama swing, sinkopasi ketukan, nada blue not, harmoni yang kompleks dan permainan improvisasi alat musik, serta dengan sentuhan blues dan ragtime sebagai akar dari musik ini.

Nah, pada saat inilah banyak muncul sub-genre baru yang menginduk pada musik jazz yang memiliki karakteristik serta variasi masing-masing. Sub-genre tersebut adalah ragtime, dixieland, swing, bebop, soul jazz, bossanova, dan jazz fusion.



Musisi jazz pertama di dunia adalah Kornetis Buddy Bolden . Ia adalah seorang musisi jazz pertama yang membentuk sebuah band pada tahun 1895 yang bermain di pesta dansa dan parade jalanan. Akan tetapi, ia dan bandnya tidak pernah tercatat secara monumental dalam sejarah musik jazz.

Pada Podcast Musikaligus kali ini, Reno akan kedatangan penyanyi R&B bernama Oslo Ibrahim. Oslo Ibrahim merupakan penyanyi asal Medan, Sumatera Utara yang mempopulerkan lagu "Midnight Thoughts".

Bukan hanya karyanya yang populer di kalangan pecinta musik indie , gaya unik pria dengan nama asli Rio Riezky ini juga menjadi perhatian lho. Pasalnya, dia kerap menampilkan fashion unik yang melawan stereotype.

Lagu-lagu dengan bahasa Inggris miliknya memiliki nada yang tenang dan nyaman di telinga, cocok banget untuk kalian yang menyukai musik R&B . Padahal bukan musisi jazz tapi Oslo Ibrahim justru menjadi langganan Line Up Java Jazz loh.



Penasaran kan alasannya? Kamu bisa dengerin selengkapnya di Live Podcast Musikaligus Episode Ngakunya Bukan Musisi Jazz, Tapi Langganan Tampil Java Jazz. Hanya di Audio+ bagian dari RCTI+ , pada Jumat, 26 Mei 2023 pukul 19.00 WIB. Jangan lupa untuk dengerin dan download aplikasi RCTI+ di App Store dan Google Play Store ya!
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3501 seconds (0.1#10.140)