5 Olahraga yang Bikin Asam Lambung Naik, Sebaiknya Dihindari

Selasa, 30 Mei 2023 - 20:00 WIB
loading...
5 Olahraga yang Bikin Asam Lambung Naik, Sebaiknya Dihindari
Beberapa jenis olahraga bisa membuat asam lambung naik. Asam lambung membuat merasa tidak nyaman, tapi juga banyak masalah kesehatan mendasar lainnya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa jenis olahraga bisa membuat asam lambung naik . Asam lambung adalah kondisi yang membuat Anda merasa tidak nyaman, tapi juga menyebabkan banyak masalah kesehatan mendasar lainnya.

Asam lambung mengacu pada isi perut yang kembali naik ke kerongkongan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan cairan asam di belakang mulut yang mana biasanya mengiritasi lapisan kerongkongan.

Dokter mengatakan mereka yang sering mengalami asam lambung perlu membuat beberapa perubahan gaya hidup. Hal ini bertujuan untuk meredakan gejala, termasuk olahraga atau mengubah rutinitas latihan Anda.

Mereka yang menderita asam lambung kronis perlu sangat berhati-hati memilih jenis olahraga lantaran bisa memperburuk kondisi. Jika olahraga Anda termasuk sit up, tekanan perut atau latihan berdampak tinggi bisa membuat asam lambung menjadi lebih buruk.



Dilansir dari Times of India, Selasa (30/5/2023) ini terjadi karena apapun yang menyebabkan tekanan pada perut dapat mengendurkan otot sfingter bagian bawah. Sehingga menungkinkan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

Posisi tubuh yang membatasi seperti membungkuk juga dapat memberikan tekanan pada perut dan dada sehingga dapat memicu gejala asam lambung. Beberapa olahraga intensitas tinggi yang menyebabkan asam lambung meliputi:

1. Berlari
2. Berlari cepat
3. Angkat besi
4. Senam
5. Bersepeda

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati dengan makanan. Sebab konsumsi beberapa jenis makanan sebelum olahraga bisa memperburuk keadaan. Makanan yang harus dihindari adalah tomat, jeruk, cokelat, kopi, alkohol dan soda.



Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan asam lambung saat olahraga. Di antaranya adalah olahraga dua jam setelah makan, hindari pemicu makanan asam lambung, makan dengan sehat, tetap terhidrasi dan pilih olahraga yang tepat.

Di sisi lain, berat badan yang sehat adalah cara yang baik untuk meredakan gejala asam lambung. Penurunan berat badan dan diet adalah dua cara utama untuk membantu masalah ini.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3663 seconds (0.1#10.140)