Ebi Furai, Makanan Populer Jepang yang Bisa Dibuat di Rumah

Jum'at, 24 Juli 2020 - 11:33 WIB
loading...
Ebi Furai, Makanan Populer Jepang yang Bisa Dibuat di Rumah
Ebi furai merupakan hidangan populer dari Jepang. Anda yang menasaran dengan sensasi rasanya, bisa membuatnya di rumah. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Ebi furai merupakan hidangan populer dari Jepang. Berbeda dengan ebi tempura. Jika di restoran Jepang, menu ini selalu tersedia, terutama di dalam menu bento . Rasa udang yang empuk dibalut tepung yang krispi memberi sensasi yang lezat saat disantap. Makanan ini pun dapat menjadi salah satu menu favorit keluarga.

Sayang, tidak semua orang bisa membuat ebi furai yang sempurna. Chef Devina Hermawan, melalui channel YouTube miliknya membagikan resep rahasia membuat Udang Ebi Furai Lurus, Besar dan Krispi. Anda pun bisa ikut membuatnya. Berikut resepnya.

Bahan-bahan:
8 ekor udang, ukuran perkilogram isi 30-40 udang
Tepung terigu secukupnya
Tepung roti secukupnya
Minyak goreng

Bahan adonan tepung basah:
2 sdm tepung terigu
½ butir telur
50 ml susu, cream atau santan
Garam
Merica
Kaldu jamur
Bawang putih parut secukupnya

Pelengkap:
Saus tartar

Cara membuat:
Kupas udang, buang kotorannya, lalu bilas. Kerat bagian perut udang, jarak sekitar 1/2 cm dan jangan terlalu dalam. Lalu tekan punggungnya dengan menggunakan jari seperti memijat, hingga urat di punggung putus memanjang dan rata. (Baca juga: Inspirasi Makan Penyuka Pedas: Ayam Goreng Sambal Hijau ).

Buat adonan tepung basah, campurkan tepung, telur, cream, bawang putih, merica, dan kaldu jamur. Aduk hingga tercampur. Lapisi udang dengan tepung terigu, adonan tepung basah, lalu tepung roti. Goreng udang hingga warnanya keemasan. Angkat. Sajikan dengan saus tartar.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)