Peneliti Sebut 3 Makanan Ini Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Jum'at, 24 Juli 2020 - 13:33 WIB
loading...
Peneliti Sebut 3 Makanan Ini Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2
Diabetes menjadi masalah kesehatan yang menjadi perhatian serius. Nah, berdasarkan penelitian, ada beberapa makanan yang membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Dua penelitian terbaru menemukan bahwa diet sehat yang mencakup buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2 . Satu penelitian dengan asupan biji-bijian, dilakukan oleh para peneliti di Amerika Serikat dan penelitian yang menganalisis buah dan sayuran, ditulis oleh tim peneliti Eropa.

Kedua studi menemukan bahwa peningkatan moderat dalam makanan sehat dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Peningkatan itu bisa sesederhana mengonsumsi satu atau lebih porsi sereal biji-bijian saat sarapan sehari atau sedikit meningkatkan asupan buah dan sayuran.

Studi biji-bijian menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi dua atau lebih porsi oatmeal per minggu memiliki risiko 21% lebih rendah daripada mereka yang memiliki kurang dari satu porsi per minggu. Karena peneliti melakukan analisis mereka berdasarkan biomarker dalam darah daripada kuesioner diet, data lebih dapat diandalkan, menurut salah satu penulis penelitian.

"Dengan mengukur tingkat biomarker dalam darah, kami tidak harus bergantung pada ingatan orang tentang buah dan sayuran, dan karenanya kami meminimalkan kesalahan dan bias yang muncul karena penarikan kembali makanan yang dikonsumsi," jelas Dr. Nita Forouhi dari Unit Epidemiologi MRC Universitas Cambridge di Inggris dan salah satu penulis studi buah dan sayuran.

"Penelitian sebelumnya terbatas karena kami hanya mengandalkan ingatan subjektif dari diet orang, jadi studi yang berbeda memberikan hasil yang berbeda, dan ada kurangnya kepastian tentang hubungan antara konsumsi buah dan sayuran untuk pencegahan diabetes," tambah Forouhi dilansir dari Health Line, Rabu (15/7).

Kepastian temuan ini membantu memperkuat saran yang mungkin Anda dengar dari dokter atau ahli gizi, yang mana sebaiknya tetap mengonsumsi makanan alami dan menghindari produk olahan. Sementara sifat analitis dari penelitian memberikan hasil yang lebih akurat daripada kuesioner sederhana, temuan ini tidak terlalu mengejutkan bagi para ahli. (Baca juga: Studi: Non-perokok Berisiko Lebih Tinggi Terkena Kanker Paru-paru ).

"Ini adalah pesan yang telah kami dengar selama beberapa waktu: bahwa makanan yang mengandung serat lebih tinggi, seperti karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, brans, dan umumnya makanan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah kita," jelas Sharon Zarabi, RD, CDN, CPT, direktur program bariatrik di Lenox Hill Hospital di New York.

"Kita tahu bahwa makanan olahan, seperti kerupuk, keripik, pretzel, roti putih, nasi putih, dan sereal manis - hal-hal yang banyak orang Amerika makan setiap hari - sayangnya menyebabkan lonjakan gula darah, dan seiring waktu dapat menyebabkan diabetes," sambung Zarabi.

Audrey Koltun, RDN, DCES, ahli gizi di unit endokrinologi pediatrik di Cohen Children's Medical Center di New Hyde Park, New York, mengungkapkan bahwa selama bertahun-tahun, para ahli diet telah merekomendasikan agar orang meningkatkan asupan buah, sayuran, dan biji-bijian.

“Studi-studi ini menyatakan bahwa mereka mendukung temuan bahwa mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran bahkan dalam jumlah kecil dapat membantu mencegah diabetes tipe 2," ungkap Koltun.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5355 seconds (0.1#10.140)