Peneliti Sebut 3 Makanan Ini Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2
Jum'at, 24 Juli 2020 - 13:33 WIB
loading...
Diabetes menjadi masalah kesehatan yang menjadi perhatian serius. Nah, berdasarkan penelitian, ada beberapa makanan yang membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Foto/Istimewa.
A
A
A
JAKARTA - Dua penelitian terbaru menemukan bahwa diet sehat yang mencakup buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2 . Satu penelitian dengan asupan biji-bijian, dilakukan oleh para peneliti di Amerika Serikat dan penelitian yang menganalisis buah dan sayuran, ditulis oleh tim peneliti Eropa.
Kedua studi menemukan bahwa peningkatan moderat dalam makanan sehat dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Peningkatan itu bisa sesederhana mengonsumsi satu atau lebih porsi sereal biji-bijian saat sarapan sehari atau sedikit meningkatkan asupan buah dan sayuran.
Studi biji-bijian menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi dua atau lebih porsi oatmeal per minggu memiliki risiko 21% lebih rendah daripada mereka yang memiliki kurang dari satu porsi per minggu. Karena peneliti melakukan analisis mereka berdasarkan biomarker dalam darah daripada kuesioner diet, data lebih dapat diandalkan, menurut salah satu penulis penelitian.
"Dengan mengukur tingkat biomarker dalam darah, kami tidak harus bergantung pada ingatan orang tentang buah dan sayuran, dan karenanya kami meminimalkan kesalahan dan bias yang muncul karena penarikan kembali makanan yang dikonsumsi," jelas Dr. Nita Forouhi dari Unit Epidemiologi MRC Universitas Cambridge di Inggris dan salah satu penulis studi buah dan sayuran.
"Penelitian sebelumnya terbatas karena kami hanya mengandalkan ingatan subjektif dari diet orang, jadi studi yang berbeda memberikan hasil yang berbeda, dan ada kurangnya kepastian tentang hubungan antara konsumsi buah dan sayuran untuk pencegahan diabetes," tambah Forouhi dilansir dari Health Line, Rabu (15/7).
Kedua studi menemukan bahwa peningkatan moderat dalam makanan sehat dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Peningkatan itu bisa sesederhana mengonsumsi satu atau lebih porsi sereal biji-bijian saat sarapan sehari atau sedikit meningkatkan asupan buah dan sayuran.
Studi biji-bijian menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi dua atau lebih porsi oatmeal per minggu memiliki risiko 21% lebih rendah daripada mereka yang memiliki kurang dari satu porsi per minggu. Karena peneliti melakukan analisis mereka berdasarkan biomarker dalam darah daripada kuesioner diet, data lebih dapat diandalkan, menurut salah satu penulis penelitian.
"Dengan mengukur tingkat biomarker dalam darah, kami tidak harus bergantung pada ingatan orang tentang buah dan sayuran, dan karenanya kami meminimalkan kesalahan dan bias yang muncul karena penarikan kembali makanan yang dikonsumsi," jelas Dr. Nita Forouhi dari Unit Epidemiologi MRC Universitas Cambridge di Inggris dan salah satu penulis studi buah dan sayuran.
"Penelitian sebelumnya terbatas karena kami hanya mengandalkan ingatan subjektif dari diet orang, jadi studi yang berbeda memberikan hasil yang berbeda, dan ada kurangnya kepastian tentang hubungan antara konsumsi buah dan sayuran untuk pencegahan diabetes," tambah Forouhi dilansir dari Health Line, Rabu (15/7).
Lihat Juga :