8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Ternyata Gampang

Sabtu, 10 Juni 2023 - 10:34 WIB
loading...
8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Ternyata Gampang
Bau sepatu bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Karena itu butuh strategi khusus untuk menghilangkan bau sepatu selain dicuci. Foto/saku laundry.com
A A A
JAKARTA - Sejumlah cara menghilangkan bau sepatu yang membandel ini perlu Anda coba. Agar tingkat kepercayaan diri tidak merosot turun dengan tajam karena bau tak sedap, kita harus tahu cara menghilangkan bau sepatu

Selain dicuci, menghilangkan bau sepatu juga bisa Anda lakukan dengan beberapa cara alami . Berikut 8 tips menghilangkan bau sepatu yang bikin sangat menganggu kita.

1.Teteskan Essential Oil
8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Ternyata Gampang

Foto/halodoc

Cara menghilangkan bau sepatu ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai bahan alami. Sebagai contoh, satu studi Desember 2007 yang diterbitkan di Mycobiology menemukan bahwa minyak esensial bisa dipakai dalam hal ini.

Salah satunya adalah minyak cengkeh, ini dipercayai bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada kaki dan menghilangkan bau.
Minyak cengkeh bersifat antibakteri, menghilangkau bau, dan merangsang wangi yang menyegarkan.

2.Manfaatkan Minyak Atsiri
8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Ternyata Gampang

Foto/Ist

Cara menghilangkan bau sepatu dengan menggunakan minyak atsiri bisa dijadikan alternatif jika tak ingin mencucinya. Teteskan cairan ke dalam sepatu dengan volume secukupnya. Anda juga bisa menambahkan beberapa lembar kertas ke dalam sepatu untuk mengunci bau minyak atsiri.



Jika sudah, Anda hanya perlu membiarkannya semalaman. Lalu, kertas tersebut bisa dikeluarkan pada esok harinya. Minyak atsiri sendiri bisa dengan mudah ditemukan di pasar.

3.Gunakan Bubuk Kopi dan Tisu
8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Ternyata Gampang

Foto/ist

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa sepatu tersebut dalam keadaan kering ya. Masukkanlah bubuk kopi ke dalam sepatu yang sudah dibungkus dengan tisu.

Jika tidak memiliki tisu di saat itu, Anda juga bisa mengganti tisu dengan bahan lain seperti kaus kaki yang sudah tak terpakai.Diamkanlah bubuk kopi semalaman di dalam sepatu untuk memberikan hasil yang optimal dalam menghilangkan bau.

4.Semprotkan Air Cuka
8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Ternyata Gampang

Foto/ist

Cuka diketahui bisa dipakai dalam menghilangkan bau pada sepatu. Ini bisa menetralkan bau dan melawan bakteri dalam sepatu. Cukup campurkan cuka putih dengan air dalam jumlah yang sama ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan di dalam sepatu yang berbau, dan biarkan mengering.

5.Bersihkan dengan Baking Soda
8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Ternyata Gampang

Foto/real food

Perlu diketahui bahwa langsung menggunakan sepatu ketika kaki basah bisa menyebabkan sepatu bau. Bukan hanya itu, kaki pun akan ikut beraroma tak sedap.Ingin cara alami?

Cobalah untuk menggunakan baking soda yang bisa menyerap bau dan antibakteri. Bisa dengan mencampur baking soda dengan baking powder dan tepung jagung. Kemudian, taburkan di dalam sepatu semalaman.

6.Gunakan Kertas Koran
8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Ternyata Gampang

Foto/Ist

Koran bekas sendiri bisa menjadi alat yang ternyata sanggup menyerap bau yang tak sedap. Caranya mudah banget. Anda hanya perlu memastikan sepatu dalam keadaaan yang kering.



Setelah itu, ambilah koran bekas secukupnya. Kira-kira, koran tersebut harus cukup untuk membungkus sepatu. Bungkuslah seluruh permukaan sepatu dengan rapat dan juga rapi.

Jika sudah, Anda bisa menyimpan sepatu yang sudah terbungkus tadi di tempat dengan temperatur yang dingin selama semalaman atau lebih. Dengan demikian, kertas koran bekas tersebut bisa menyerap bau dalam sepatu dengan sempurna.

7.Taburkan Garam
8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Ternyata Gampang

Foto/Ist

Dilansir dari First for Woman, Anda hanya perlu memasukkan garam ke dalam lembaran penyaring kopi dan kemudian ikat dengan karet gelang. Buatlah dua kantung garam untuk dimasukkan ke dalam 2 sepatu dan kemudian simpan di dalamnya selama satu malam. Garam bisa membantu menyerap kelembapan penyebab bau sepatu.

8.Manfaatkan Sinar Matahari
8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Ternyata Gampang

Foto/hipwee

Dilansir dari One Good Thing by Jillee, jika sedang tidak memungkinkan untuk mencuci sepatu, Anda bisa memanfaatkan sinar matahari nih!

Dengan menjemurnya di bawah terik matahari, sinarnya bisa membantu untuk menghilangkan bau yang tidak sedap.
Jemurlah sepatu pada matahari yang sedang terik untuk beberapa waktu. Setelahnya, bau sepatu pun akan hilang dengan sendirinya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2796 seconds (0.1#10.140)