Sering Buang Air Kecil Bisa Jadi Gejala 7 Penyakit Ini, dari Beser hingga Kanker

Minggu, 11 Juni 2023 - 06:00 WIB
loading...
Sering Buang Air Kecil Bisa Jadi Gejala 7 Penyakit Ini, dari Beser hingga Kanker
Sering buang air kecil bisa menjadi gejala penyakit. Beberapa gejala umum termasuk buang air besar seperti diare, darah dalam tinja atau sembelit. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sering buang air kecil bisa menjadi pertanda penyakit atau berbagai masalah kesehatan. Beberapa gejala umum termasuk buang air besar seperti diare, darah dalam tinja atau sembelit.

Tanda peringatan lain yang bisa menandakan beberapa masalah kesehatan termasuk perubahan kebiasaan buang air kecil . Terkadang pada beberapa kasus, buang air kecil akan terasa sangat menyakitkan dan terbakar.

Jika sering buang air kecil, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang tepat. Berikut tujuh penyakit yang terkait dengan keinginan untuk buang air kecil terlalu sering dilansir dari Times of India, Minggu (11/6/2023).

Sering Buang Air Kecil Bisa Jadi Gejala 7 Penyakit





1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)


Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi di bagian mana pun dari sistem saluran kemih yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Sebagian besar infeksi melibatkan saluran kemih bagian bawah yang meliputi kandung kemih dan uretra.

ISK dapat menyebabkan buang air kecil yang sering dan menyakitkan. Anda juga mengalami rasa terbakar saat buang air kecil dan urin Anda bisa keruh.

2. Diabetes


Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang memengaruhi cara tubuh mengubah makanan menjadi energi. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan peningkatan buang air kecil karena tubuh berusaha menghilangkan kelebihan glukosa dari dalam tubuh.

Karena lebih sering buang air kecil, Anda juga akan merasa haus terus-menerus. Kondisi ini menyebabkan siklus minum air dan buang air kecil dan seterusnya.

3. Prostat


Infeksi prostat atau pembesaran prostat pada pria dapat menyebabkan sering buang air kecil serta kesulitan mengosongkan kandung kemih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)