10 Kota yang Meraih Pendapatan Besar dari Wisatawan, Nomor 4 dan 9 dari Asia

Rabu, 14 Juni 2023 - 12:46 WIB
loading...
10 Kota yang Meraih Pendapatan Besar dari Wisatawan, Nomor 4 dan 9 dari Asia
Dubai menjadi kota yang paling besar dalam mendapatkan pendapatan dari wisatawan asing. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Banyak kota di dunia kini berlomba untuk menarik kunjungan wisatawan . Selain itu, mereka juga mendorong para wisatawan untuk berbelanja dan bereksplorasi sehingga menghasilkan pendapatan besar bagi kota tersebut.

Mulai dari kota gurun Dubai yang mewah hingga kota cahaya dan cinta, Paris, banyak pelancong internasional saat ini ingin menjadikan kota tersebut dalam daftar tujuan mereka. Selain itu, dalam beberapa kasus, mereka mencari pengalaman mewah yang mereka lewatkan saat pandemi menghentikan dunia.

Berikut adalah 10 kota terbaik di dunia yang mendapatkan penghasilan besar dari wisatawan versi World Travel and Tourism Council (WTTC) pada 2022.

1. Dubai

10 Kota yang Meraih Pendapatan Besar dari Wisatawan, Nomor 4 dan 9 dari Asia

Foto/Reuters

Dari Burj Khalifa merupakan ikon Dubai karena menjadi bangunan tertinggi di dunia, hingga wisata gurun dan kapal pesiar, Dubai menawarkan pengalaman luar biasa bagi pengunjung internasional.

Reputasi kota untuk belanja kelas atas bebas pajak dan komitmennya untuk memberikan pengalaman mewah telah menjadikannya tujuan wisata teratas bagi pembeli barang mewah dari seluruh dunia.

Lokasi adalah faktor lain dalam kesuksesan kota. Dubai berada di persimpangan alami antara Eropa, Asia, Afrika, dan Timur Tengah, dan merupakan rumah bagi salah satu bandara tersibuk dan terhubung dengan baik di dunia.

Pelancong internasional menghabiskan hampir USD29,42 miliar di kota ini pada tahun 2022.


2. Doha

10 Kota yang Meraih Pendapatan Besar dari Wisatawan, Nomor 4 dan 9 dari Asia

Foto/Reuters

Doha merupakan ibu kota Qatar. Pencakar langit dan bermil-mil pantai berpasir berlimpah di kota yang mengesankan ini. Ada apartemen mewah di sepanjang Teluk serta perairan biru yang indah.

Selain itu, kota tersebut memiliki beberapa tempat makan, acara, dan museum terbaik di negara ini. Ini adalah tempat yang bagus untuk melakukan bisnis.

Inovasi dan semangat telah mendorong Doha keluar dari padang pasir. Sebagai pusat kegiatan ekonomi Timur Tengah, ia telah berkembang dari sebuah desa aktif yang sederhana. Berbagai atraksi dan bisnis bernilai miliaran dolar menjadi ciri khas Qatar. Keragaman budaya yang berkembang pesat di Doha membedakannya.

Kota itu mendapatkan USD16,79 miliar dari pendapatan pariwisata.

3. London

London telah lama menjadi lokasi pilihan bagi para miliarder. Akibatnya, kota ini memiliki banyak fasilitas untuk pelancong kaya.

Pertama, London merupakan tempat bagi lebih banyak hotel bintang lima daripada kota lain mana pun. Selain itu, London menawarkan akses wisatawan yang sangat kaya ke berbagai pengecer desainer kelas atas, serta museum, galeri, dan landmark terkenal di dunia.

Tentu saja, kota terbesar di Inggris juga melihat volume keseluruhan turis yang tinggi secara keseluruhan, yang menambah USD16 miliar pengunjung global yang dihabiskan di kota pada tahun 2022.

4. Makau

10 Kota yang Meraih Pendapatan Besar dari Wisatawan, Nomor 4 dan 9 dari Asia

Foto/Reuters

Dikenal sebagai Las Vegas Asia, pusat perjudian Makau telah menjadi magnet bagi wisatawan internasional selama bertahun-tahun. Namun, saat kota ini mulai membayangkan kembali strategi pariwisatanya pasca pandemi, kota ini semakin kuat sebagai tujuan wisata internasional.

Turis luar mendatangkan USD15,6 miliar pada 2022, dan jumlah itu diperkirakan akan terus berlipat ganda selama dekade berikutnya.

Pertumbuhan ini didorong oleh China dan Hong Kong, yang merupakan bagian terbesar dari kunjungan.

5. Amsterdam

Amsterdam menjadi salah satu kota yang paling mudah diakses di dunia, dengan penerbangan dari sebagian besar gerbang utama di Amerika Utara dan Eropa. Tetapi jauh dari akses mudah, Amsterdam menawarkan para pelancong yang menjadikannya salah satu kota terbaik di dunia untuk dikunjungi.

Amsterdam adalah warna. Datang musim semi, kota meledak dengan setiap bayangan pelangi dari banyak kios bunga yang menjual karangan bunga tulip Belanda yang ikonik. Bahkan kawasan perkapalan dan dermaga industri yang tadinya suram telah berubah menjadi toko butik, hotel, dan galeri.

Sementara musim semi adalah salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi Amsterdam, sifat kota yang meriah membuat kunjungan di bulan-bulan musim dingin menjadi pengalaman yang unik dan menyenangkan, belum lagi harga tiket pesawat dan penginapan yang lebih murah.

Kota tersebut mendapatkan pemasukan dari dunia pariwisata hingga USD13,59 miliar.

6. Istanbul

10 Kota yang Meraih Pendapatan Besar dari Wisatawan, Nomor 4 dan 9 dari Asia

Foto/Reuters

Salah satu kota paling terkenal di dunia adalah Istanbul, Turki, sehingga masuk akal jika orang ingin berkunjung. Kota ini dipenuhi dengan masjid dan istana bersejarah yang dikelilingi oleh kafe, toko, dan hotel mewah.

Suasana santai di Istanbul menarik banyak orang yang menikmati sore hari dengan nongkrong dan menyeruput teh atau menemukan barang antik di toko barang bekas setempat.

Pengunjung menikmati mengungkap perpaduan bersejarah dan modern di lingkungan setempat. Distrik Sultanahmet yang bersejarah dan kawasan wisata Istiklal Caddesi adalah dua contohnya. Istanbul juga populer karena pemandangannya yang elegan. Arsitektur artistik rumah-rumah di sepanjang Selat Bosphorus adalah salah satu situs paling indah di Turki.

Kota tersebut bisa mendapatkan pendapatan dari wisatawan sebanyak USD13,13 miliar.


7. Barcelona

Pantai, bangunan, dan perahu. Itulah inti dari Barcelona. Dari pantai Mediterania yang memukau hingga keajaiban arsitektur Antoni Gaudi hingga budaya kapal pesiar, Barcelona hidup dan bernafas di tepi laut.

Tahukah Anda bahwa sejarah Barcelona berusia lebih dari 2.000 tahun? Artinya, Anda akan menemukan arsitektur bergaya Romawi di samping struktur Gotik dan katedral Renaisans, hingga arsitektur terkenal di dunia yang dirancang oleh Antoni Gaudi. Bahkan, Sagrada Familia Gaudi adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Barcelona.

Kota tersebut mendapatkan penghasilan dari pariwisata mencapai USD12,73 miliar.

8. New York

10 Kota yang Meraih Pendapatan Besar dari Wisatawan, Nomor 4 dan 9 dari Asia

Foto/Reuters

Banyak sekali elemen yang membuat New York City menjadi salah satu kota terbaik di dunia. Kota dan Patung Liberty yang dilihat para pelancong saat mereka tiba adalah simbol budaya dan kebebasan yang diperjuangkan Amerika.

Big Apple, julukan bagi New York, adalah pusat keuangan Amerika Serikat, dengan Wall Street dan bisnis internasional.

Kebanyakan orang mengunjungi New York City hanya untuk menjadi bagian dari pemandangan kota. Ini adalah tempat orang-orang pergi untuk mewujudkan mimpi, dengan pengalaman seperti melihat pertunjukan Broadway, menonton bola jatuh yang terkenal pada Malam Tahun Baru di Times Square, dan mengambil bagian sebagai penonton menyaksikan kendaraan hias yang rumit lewat di parade Hari Thanksgiving.

Taman-taman di New York City memiliki daya tarik tersendiri. Dari banyak atraksi di Central Park hingga seluncur es musim dingin di Bryant Park, Anda dapat menghabiskan beberapa hari di retret alami yang tenang yang terletak di seluruh hutan beton.

Kota New York adalah tempat berbagai hal terjadi, dan para pelancong senang merasakan kegembiraan itu. Ini adalah salah satu tujuan daftar keinginan hebat yang dapat Anda kunjungi kapan saja sepanjang tahun, bahkan musim dingin di NYC pun menyenangkan.

Kota itu menghasilkan pendapatan dari pariwisata sekitar USD12,45 miliar

9. Singapura

Negara kecil di Asia menarik wisatawan sepanjang tahun, dan popularitasnya semakin meningkat. Pulau Singapura memiliki perpaduan menakjubkan antara budaya bersejarah dengan bangunan tua yang terletak di antara gedung pencakar langit yang besar.

Kota itu menawarkan pesona antara yang lama dan yang baru dengan adanya distrik perbelanjaan kecil di antara pusat perbelanjaan mewah yang terkenal di Singapura.

Keindahan Singapura adalah alasan lain orang berkunjung. Supertrees di taman vertikal dan pajangan hijau artistik di Gardens by the Bay memiliki faktor wow saat menerangi kota. Singapura terkenal dengan ruang hijaunya yang luas, dengan taman kota seperti Singapore Botanic Gardens, National Orchid Garden, dan Cloud Forest.

Selain lokasinya yang indah secara visual dan banyak hal yang harus dilakukan, Singapura adalah kota yang bersih dan aman, yang memberikan daya tarik tinggi bagi para pelancong. Ini memiliki yang terbaik dari kedua dunia, dari kehidupan kota hingga pantai dan resor mewah, itulah sebabnya secara konsisten menempati peringkat sebagai tujuan teratas bagi para pelancong.

Kota itu mengumpulkan pendapatan hingga USD10,97 miliar dari sektor pariwisata.

10. Paris

10 Kota yang Meraih Pendapatan Besar dari Wisatawan, Nomor 4 dan 9 dari Asia

Foto/Reuters

Paris, Prancis tetap menjadi salah satu kota yang paling dicintai untuk dikunjungi di dunia karena merupakan tujuan ikonik untuk acara-acara besar, seperti liburan penting, pertunangan, perayaan, dan bulan madu. Kota itu juga merupakan tempat yang mudah untuk dikunjungi untuk liburan cepat, dengan jadwal penerbangan reguler.

Banyak pelancong menikmati Paris untuk seni dan pergi untuk melihat galeri dan museum, seperti Museum Louvre dan Musee d'Orsay. Beberapa pelancong pergi ke Paris karena itu adalah tujuan daftar ember bagi banyak orang. Mereka ingin melihat langsung Menara Eiffel, Katedral Notre Dame, dan Arc de Triomphe.

Paris terkenal sebagai kota romansa, begitu banyak lamaran pernikahan sering terjadi di Paris, dan pasangan yang berbulan madu menikmati liburan dengan kapal pesiar romantis menyusuri Sungai Seine.

Kota tersebut dikenal mendapatkan banyak uang dari wisatawan asing. Pada tahun lalu, Paris mendapatkan pemasukan hingga USD9,76 miliar.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)