Baik Buruk Kopi untuk Kesehatan

Sabtu, 25 Juli 2020 - 09:34 WIB
loading...
Baik Buruk Kopi untuk Kesehatan
Foto/Koran SINDO/Hasiholan Siahaan
A A A
JAKARTA - Hingga kini kopi masih menjadi salah satu minuman favorit masyarakat. Minuman dengan ciri khas warna hitam ini diketahui sebagai salah satu sumber energi, sekaligus minuman yang bisa membuat insomnia. Namun, kopi ternyata juga menyimpan manfaat untuk kesehatan.

Kopi pada dasarnya merupakan produk alam yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di Indoneia, kopi hitam dikenal sebagai minuman yang dapat menaikkan level energi sehingga akan menghilangkan kantuk sekaligus membuat bersemangat dalam melakukan aktivitas. Namun, ada pula yang mengungkapkan bahwa kopi hitam memiliki manfaat yang lebih dari itu.

Minuman ini ternyata memiliki kandungan antioksidan yang berperan sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kopi hitam pun mengandung nutrisi esensial, seperti kromium, potasium, niacin, vitamin E, dan magnesium yang mampu menjaga kekuatan tulang. (Baca: Kopi Kekinian Botol Literan, Teman Santai dan Bekerja di Rumah)

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, Mulyani Gultom, kopi memang baik untuk kesehatan, namun harus dilihat dahulu kandungan kafein per cangkirnya. Takaran normal mengkonsumsi kafein itu 400 mg per hari, lihat dahulu sebelum meminum kandungan kafein dalam kopinya.

"Kafein bisa sensitif dengan lambung, maka dianjurkan meminum kopi tidak boleh melebihi 400 mg kandungan kafeinnya dalam sehari. Selain itu, sebelum ngopi perut sebaiknya diisi dulu, jika mengonsumsi kopi dengan perut kosong akan menekan kerja lambung," jelasnya.

Namun, kandungan kafein yang terdapat di kopi ternyata memiliki nilai positif untuk kesehatan. Salah satunya menjaga kesehatan mulut dan gigi. Seperti yang dilansir dari Men's Health, peneliti dari Boston Univerity mengatakan kopi memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti untuk keehatan mulut dan gigi dari penyakit peradangan gusi dan peradangan pada tulang rahang.

Hasil ini didapatkan dari penelitian terhadap 1.000 pria selama 30 tahun. Mereka menemukan bahwa pria yang minum satu cangkir kopi sehari atau lebih memiliki lebih sedikit gigi rusak atau tanggal akibat peradangan pada gusi. Peneliti juga menemukan bahwa orang yang rajin minum kopi berisiko lebih kecil terkena penyakit periodontal seperti gusi berdarah atau serangan bakteri pada gigi.

Lantas, bagaimana bisa kopi membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi? Seperti diungkapkan oleh drg Yahya Hidayat, antioksidan yang terkandung dalam kopi mampu meredam proses peradangan yang bisa merusak gusi dan tulang rahang. (Baca juga: Kisah Pengusaha UMKM Berkelit dari Himpitan Wabah Corona)

"Terlalu sering minum kopi memang bisa mengubah warna gigi, tetapi sisi positifnya kita bisa terhindar dari peradangan gusi dan masalah mulut, selama mengkonsumsinya dengan takaran yang wajar," jelasnya.

Perdangan pada gusi bisa diredam dari kandungan kafein yang terdapat pada kopi. Kafein ini mampu meningkatkan senyawa adenosin yang berfungsi sebagai norotransmoitter yang menghambat kemampuan dalam menimbulkan rasa nyeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)