Cantik Tanpa Boros Uang, Ini 4 Solusi Alami untuk Merawat Kulit

Sabtu, 17 Juni 2023 - 04:40 WIB
loading...
Cantik Tanpa Boros Uang, Ini 4 Solusi Alami untuk Merawat Kulit
Merawat kulit merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kelembutan salah satu panca indra tersebut. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Merawat kulit merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kelembutan salah satu panca indra tersebut. Banyak sekali orang yang mengira kulit tidak perlu dirawat, padahal sebaliknya. Sebab, saat melakukan aktivitas sehari-hari, kulit sudah terkena sinar matahari, polusi, dan bahan kimia.

Banyak juga orang yang berpikir bahwa merawat kulit membutuhkan biaya mahal dan sulit dijangkau sehingga mengabaikan kesehatannya. Padahal ada solusi alami yang dapat membantu kita merawat kulit tanpa harus menguras kantong.

Inilah empat solusi alami untuk merawat kulit.


1. Membersihkan dan Menggunakan Pelembab

Dengan membersihkannya, maka kulit akan terhindar dari kotoran yang menumpuk pada pori-pori sekaligus mengentaskan minyak berlebih. Membersihkan kulit bukan hanya pada badan, tapi juga wajah.

Membersihkan kulit wajah perlu dilakukan dua kali sehari yaitu pagi dan malam. Setelah membersihkan kulit, sebaiknya menggunakan pelembab. Dengan memberikan pelembab, akan membuat kulit menjadi lembut.

2. Menggunakan Bahan Alami

Bahan alami untuk perawatan kulit merupakan pilihan terbaik karena umumnya lebih aman, lebih ramah lingkungan, dan dapat memberikan manfaat yang baik bagi kulit.

Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kulit:

-Aloe Vera

Aloe vera merupakan salah satu bahan alami yang sangat sering dipakai untuk merawat kulit. Gel aloe vera mengandung banyak nutrisi dan senyawa aktif yang memberikan manfaat bagi kesehatan kulit.

Cara menggunakan aloe vera dapat dilakukan dengan membelah daun lidah buaya yang berdaging dan buang ampasnya. Hancurkan menggunakan tangan dan oleskan pada kulit yang kering, lalu diamkan selama 20 menit. Kemudian bersihkan aloe vera yang telah dioles menggunakan air dingin.


- Lemon

Lemon dapat membantu mencerahkan kulit, mengurangi noda gelap, mengatasi jerawat, dan memberikan kesegaran alami. Namun, penting untuk menggunakan lemon secara hati-hati karena sifat asamnya dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

Cara menggunakan lemon dapat dilakukan dengan memeras airnya serta pijat secara lembut di area yang kering dan gelap. Setelah itu, biarkan selama 10 menit dan bersihkan dengan air hangat.

- Minyak Zaitun dan Lulur Gula

Minyak zaitun dan lulur gula merupakan kombinasi terpopuler untuk perawatan kulit. Keduanya memiliki manfaat berbeda dan dapat memberikan kulit yang sehat. Gula berfungsi sebagai eksfoliasi lulur atau scrub secara alami. Kandungan gula yang kasar dapat membantu kulit lebih halus dan cerah.

Sedangkan minyak zaitun merupakan minyak alami yang banyak digunakan dalam perawatan kulit karena kandungannya yang melimpah. Minyak zaitun dapat memberikan manfaat untuk kulit yang lembab, perlindungan antioksidan, dan merawat berbagai masalah kulit lain.

3. Melindungi Kulit dari Matahari

Paparan sinar matahari dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup untuk melindungi kulit dari sinar UV. Hindari juga terlalu lama berada di bawah sinar matahari, terutama pada siang hari.

4. Pola Makan Sehat dan Istirahat Cukup

Kulit yang indah juga bergantung pada apa yang kita makan. Konsumsi makanan sehat yang kaya antioksidan, vitamin, serta mineral dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bersinar. Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan berlemak, dan air putih.

Istirahat yang cukup juga merupakan salah satu faktor utama dalam menciptakan kulit sehat secara alami. Dengan istirahat kulit memiliki kesempatan untuk memperbaiki dan meregenerasi diri. MG/Mutia Talitha Ramadhani
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)