Sambut Perayaan Iduladha, Intip Tips Memotong Daging yang Benar Agar Tak Alot

Rabu, 21 Juni 2023 - 10:31 WIB
loading...
Sambut Perayaan Iduladha, Intip Tips Memotong Daging yang Benar Agar Tak Alot
Foto: Dok Freepik
A A A
JAKARTA - Menyambut perayaan Hari Raya Iduladha, biasanya para ibu di rumah akan sibuk mempersiapkan yang terbaik bagi keluarganya yaitu dengan memasak berbagai menu spesial olahan daging. Di hari istimewa nanti tersedia daging kurban yang melimpah seperti daging sapi, kambing maupun kerbau.

Namun, sebelum mengolahnya para ibu di rumah juga harus tahu terlebih dahulu cara memotong daging ternyata sangat berpengaruh terhadap tekstur akhirnya. Jika dipotong dengan sembarangan, daging bisa menjadi alot, sulit dikunyah, dan pada akhirnya tidak bisa dinikmati.

Agar daging menjadi empuk dan mudah untuk dikunyah, selain cara memasak yang benar, juga harus didukung juga dengan cara memotong daging yang benar.

Oleh sebab itu, penting memahami cara memotong daging yang benar agar empuk serta tidak alot. Yuk intip cara memotong daging yang benar agar empuk dan mudah dikunyah :

1.Pilih Serabut Otot Pada Daging
Hal pertama yang saat memotong daging, temukan serabut otot. Hal ini dapat ditemukan dengan melihat arah serabut otot daging yang sejajar atau disebut arah “Grain”. Memahami arah serabut otot ini akan membantu dalam pemotongan yang tepat.

2. Potong Daging Melawan Arah Serat
Apakah Anda masih memotong daging mengikuti arah serat? Jika ya, sebaiknya hentikan cara tersebut. Daging harus dipotong melawan arah serat.

Langkah berikutnya, Anda bisa memotong daging menggunakan pisau dapur dengan arah berlawanan dari serat bertujuan untuk membuat serat otot menjadi lebih pendek sehingga membuat gigitan daging menjadi lebih empuk.

Jika memotong mengikuti alur serat otot, Anda akan menemui serat otot yang berserabut dan panjang, yang membuat daging menjadi lebih keras.

3. Potong Daging Menggunakan Pisau Tajam
Pemilihan pisau yang tajam sangat berpengaruh dalam pemotongan daging. Sebelum memotong, Anda bisa mengasah pisau daging menggunakan pengasah pisau agar lebih tajam sehingga memudahkan Anda memotong daging dengan cepat. Sebab pisau yang tajam menjadi point penting untuk menghasilkan daging yang empuk dan tidak alot.

4. Iris Tipis Daging
Dengan mengiris tipis daging, maka akan memudahkan dalam memasak daging. Pastikan daging dicuci dengan air mengalir agar tidak amis. Jika sudah dicuci, bisa dibalurkan perasan jeruk agar tidak amis saat dimasak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2331 seconds (0.1#10.140)