Hindarkan Anak Alami Speech Delay karena Gadget, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua

Rabu, 21 Juni 2023 - 20:31 WIB
loading...
Hindarkan Anak Alami Speech Delay karena Gadget, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua
Kepala Sekolah RA Al Azhiim Neneng Kartina, Spd.I (kanan) dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (21/6/2023). Foto/YouTube Parta Perindo
A A A
JAKARTA - Speech delay atau keterlambatan berbicara pada anak akibat kecanduan gadget menjadi salah satu permasalahan sekaligus tantangan bagi para orangtua saat ini.

Dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Gadget Sebabkan Delay Speech pada Usia Dini, Bagaimana Peranan Guru untuk Mengatasinya, Kepala Sekolah RA Al Azhiim Neneng Kartina, Spd.I mengatakan, pola asuh orang tua sangat berperan penting sehingga anak tidak kecanduan gadget yang menjadi salah satu faktor penyebab keterlambatan bicara.

"Di sekolah anak-anak pasti tidak membawa gadget. Kalau sudah di rumah, itu full orang tua yang mengawasi. Jadi harus orang tua yang mengerti," ujar Neneng di kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (21/6/2023).

Neneng menuturkan, selain mengerti perlunya menjauhkan anak dari gadget, para orang tua juga harus mencari tahu bagaimana menghentikan anak dari ketergantungan terhadap gadget. Bukan malah membiarkannya, karena dirasa anak jadi terlihat lebih nyaman.



"Saat ini orang tua lebih nyaman anaknya anteng dengan gadget," kata Neneng.

"Jadi kita sebagai guru di sekolah hanya mengingatkan," tambahnya.

Karena itu, Neneng mengimbau seluruh orang tua agar bisa bekerja sama dan bersinergi dengan guru-guru di sekolah supaya anak tidak mengalami ketergantungan pada gadget terus-menerus.

Neneng juga menegaskan, pada dasarnya anak-anak di usia 1 hingga 5 tahun tidak diberikan atau belum pantas diperkenalkan pada gadget. Alangkah lebih baik bermain menggunakan permainan yang bisa merangsang perkembangan motoriknya.

"Mari kita bekerja sama, bersinergi dengan para guru untuk tidak memberi gadget pada anak secara berlebihan," pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)