Perlukah Memberikan Suplemen Vitamin untuk Anak Setiap Hari? Ini Penjelasan Ahli

Jum'at, 23 Juni 2023 - 14:20 WIB
loading...
Perlukah Memberikan Suplemen Vitamin untuk Anak Setiap Hari? Ini Penjelasan Ahli
Selain memberikan makanan seperti sayur dan buah, tentunya anak membutuhkan asupan penambah dari vitamin dan mineral. Foto/Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sebagai orang tua, tentu kita ingin memberikan perhatian yang lebih kepada si buah hati. Selain memberikan pendidikan terbaik, para orang tua juga ingin memberikan asupan bergizi .

Selain memberikan makanan seperti sayur dan buah, tentunya anak membutuhkan asupan penambah dari vitamin dan mineral.

Lantas seberapa pentingkah anak-anak diberi suplemen vitamin tambahan? Sebagaimana dilansir Healthline, dr Elizabeth Streit, MS, RDN, LD mengatakan anak-anak sangat membutuhkan asupan vitamin agar tubuhnya tetap sehat.

"Tapi perlu diingat kalau jumlahnya harus disesuaikan dengan usia si anak," ujar dr Elizabeth.



Dokter Elizabeth menjelaskan sebenarnya anak-anak yang mendapatkan asupan sehat dan gizi seimbang tidak perlu diberi suplemen anak lagi. Namun ada beberapa kondisi anak yang memang membutuhkan itu.

"Biasanya yang membutuhkan suplemen seperti anak-anak yang vegan atau vegetarian, anak yang pemilih dalam hal makanan, hingga memiliki kondisi medis tertentu," paparnya.

Kini ada suplemen yang aman untuk anak, yakni CNI Vitasigi-F. Suplemen tersebut mengandung vitamin C dan Chlorella yang bagus untuk kesehatan. Seperti kita tahu vitamin C bermanfaat untuk melawan infeksi dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Sementara itu chlorella yang merupakan ganggang air tawar sangat padat nutrisi. Para peneliti menemukan chlorella pertama kali setelah Perang Dunia II sebagai pilihan protein potensial untuk pertumbuhan populasi global.

Di dalam chlorella mengandung vitamin dan mineral yang lebih tinggi daripada spirulina. Tak hanya itu, ganggang tersebut juga merupakan sumber lemak sehat yang lebih baik seperti omega-3, vitamin C, dan karotenoid seperti beta-karoten dan lutein.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)