Waspada! Ini Penyebab dan Ciri Fisik Kolesterol Tinggi yang Perlu Diketahui

Jum'at, 23 Juni 2023 - 17:18 WIB
loading...
Waspada! Ini Penyebab dan Ciri Fisik Kolesterol Tinggi yang Perlu Diketahui
Terdapat sejumlah ciri-ciri fisik kolesterol tinggi di tubuh seseorang yang perlu diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah ciri-ciri fisik kolesterol tinggi di tubuh seseorang yang perlu diketahui. Dengan memahaminya, Anda setidaknya bisa melakukan tindakan dan pengobatan untuk mencegah hal yang lebih buruk.

Pada pengertiannya, kolesterol dapat diartikan sebagai zat sejenis lemak yang dihasilkan oleh organ hati. Zat ini mengalir dalam tubuh dengan bantuan partikel yang disebut lipoprotein.

Mengutip Mayo Clinic, kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah. Dampak buruknya, bisa muncul endapan yang mempersulit aliran darah untuk mengalir melalui arteri.



Tak sebatas itu, endapan tersebut bisa saja pecah sewaktu-waktu dan dapat mengakibatkan penderitanya terkena serangan jantung atau stroke. Lantas, apa sajakah penyebab dan ciri seseorang terkena kolesterol tinggi?

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kolesterol tidak muncul begitu saja tanpa alasan apa pun. Dalam hal ini, terdapat sejumlah hal yang bisa menyebabkan seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam tubuhnya.

Mengutip Healthline, pola hidup biasanya menjadi salah satu faktor yang sering membuat seseorang terkena kolesterol tinggi. Penyebab pertamanya bisa datang dari asupan makanan sehari-harinya.

Terlalu banyak konsumsi makanan tinggi kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans bisa meningkatkan risiko seseorang terkena masalah kesehatan tersebut. Selain itu, hidup dengan masalah obesitas juga kerap bertanggung jawab akan masalah ini.

Penyebab lain bisa muncul dari aktivitas seseorang yang kurang bergerak atau istilahnya jarang berolahraga. Lainnya, dapat datang dari seseorang yang aktif merokok hingga faktor genetik atau keturunan.


Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

Sangat disayangkan, di samping bahayanya yang besar, kolesterol tinggi biasanya justru tidak memunculkan ciri atau gejala apa pun. Banyak orang yang tidak menyadari dirinya memiliki kolesterol tinggi, setidaknya sampai mereka mengalami komplikasi serius seperti serangan jantung atau stroke.

Kejadian tersebut biasanya tidak terjadi sampai kolesterol tinggi yang sudah membentuk plak di arteri. Plak ini nantinya mempersempit arteri, sehingga aliran darahnya bisa terganggu.

Terkait solusinya, tes darah adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kolesterol Anda terlalu tinggi. Maka dari itu, cek kolesterol secara rutin sangatlah dianjurkan karena fungsinya yang penting.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)