Kolesterol Tinggi, Begini Cara Mudah Mengendalikannya

Jum'at, 03 Desember 2021 - 23:30 WIB
loading...
Kolesterol Tinggi, Begini Cara Mudah Mengendalikannya
Sembuh dari kolesterol dapat diupayakan dengan mengurangi atau menghindari pemicu naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Pola makan yang tidak sehat, salah satunya menyukai hidangan yang mengandung minyak atau lemak jenuh menjadi faktor meningatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Perlu diketahui kolesterol itu terbagi menjadi dua, yakni kolesterol baik atau yang biasa disebut sebagai High Density Lipoprotein (HDL), dan kolesterol jahat alias si Low Density Lipoprotein (LDL).

Pertanyaannya apakah kolesterol dapat disembuhkan? Tentu saja bisa. Sembuh dari kolesterol dapat diupayakan dengan mengurangi atau menghindari pemicu naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca juga: Epidemiolog Sebut Varian Omicron Kemungkinan Sudah Masuk Indonesia, Ini Alasannya

Anda tidak perlu terlalu was-was, berikut cara menurunkan kadar kolesterol, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Bawang Putih



Beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan darah kadar kolesterol total oleh beberapa persen, tapi hanya dalam jangka pendek. Sebaliknya, jangan mengonsumsi bawang putih menjelang operasi atau dengan obat pengencer darah seperti Coumadin. Sebab bawang putih dapat memperpanjang waktu pendarahan dan pembekuan darah.

2. Protein Whey

Bagi Anda yang memiliki kolesterol cukup tinggi bisa mengonsumsi protein dari produk susu. Anda juga dapat meminumnya sebagai suplemen, biasanya dalam bentuk bubuk yang dapat Anda tambahkan ke minuman atau makanan ringan. Studi menunjukkan bahwa suplemen protein whey dapat menurunkan LDL dan kolesterol total. Bisa juga cari suplemen yang bertuliskan NSF Certified for Sport.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2196 seconds (11.252#12.26)