Gejala Kolesterol Tinggi saat Buang Air Besar, Salah Satunya Feses Berdarah

Sabtu, 24 Juni 2023 - 16:00 WIB
loading...
Gejala Kolesterol Tinggi saat Buang Air Besar, Salah Satunya Feses Berdarah
Gejala kolesterol tinggi saat buang air besar bisa ditandai dengan feses berdarah. Kolesterol adalah zat lilin dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol. Foto/Times of India
A A A
JAKARTA - Gejala kolesterol tinggi saat buang air besar bisa ditandai dengan feses berdarah. Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah. Akhirnya, endapan ini tumbuh sehingga sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri. Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi dapat diturunkan, tetapi seringkali merupakan akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat sehingga membuatnya dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur dan pengobatan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Dilansir dari Mayo Clinic, Sabtu (24/6/2023) sementara itu, kolesterol tinggi tidak memiliki gejala. Tes darah adalah satu-satunya cara untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh.



Namun pada beberapa kasus, gejala kolesterol tinggi bisa muncul saat buang air besar dan tidak disadari banyak orang. Ini karena Kolesterol tinggi memicu penyempitan arteri yang dapat memengaruhi suplai darah ke usus, limpa, dan hati.

Penyumbatan pada pembuluh darah yang memasok darah ke usus dapat menyebabkan penyakit arteri perifer usus (PAD). Aliran darah yang tidak tepat dapat merusak jaringan halus jika tidak diobati.

Jika Anda mengalami buang air besar mendesak dan berdarah, ini bisa menjadi tanda aliran darah yang terhambat ke usus karena penyumbatan arteri dari kolesterol tinggi. Penderita kolesterol biasanya mengalami kebutuhan mendesak untuk pergi ke toilet untuk buang air besar.

Buang air besar yang sering dan gerakan usus yang kuat juga bisa menjadi gejala kolesterol tinggi yang mempengaruhi aliran darah ke usus. Seiring dengan gejala tersebut, UC Davis Health membagikan indikator kolesterol tinggi lainnya.



Di antaranya adalah sering muntah, turunnya tekanan darah perut, jumlah sel darah putih yang tinggi, dan acidosis, penumpukan hidrogen dalam darah. Anda dapat menghindari masalah kesehatan serius dengan mencegah kolesterol tinggi sejak awal.

Dilansir dari Times of India, kolesterol tinggi dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti makan dengan benar dan berolahraga secara teratur. Menyeimbangkan keduanya dapat membantu Anda lebih sehat.

Selain itu, tidak merokok atau berhenti jika Anda sudah melakukannya, juga membantu dalam mencegah penyumbatan arteri dan masalah kesehatan yang menyertainya. Untuk diet, fokuslah makan banyak buah, sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)