5 Jenis Kacang Rendah Kolesterol, Enak dan Sehat

Sabtu, 24 Juni 2023 - 19:01 WIB
loading...
5 Jenis Kacang Rendah Kolesterol, Enak dan Sehat
Penderita kolesterol tinggi umumnya akan menghindari kacang-kacangan karena dianggap memiliki kadar lemak dan kalori yang tinggi. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Penderita kolesterol tinggi umumnya akan menghindari kacang-kacangan karena dianggap memiliki kadar lemak dan kalori yang tinggi. Padahal terdapat beberapa jenis kacang yang aman dikonsumsi.

Pada dasarnya kacang memiliki banyak protein, serat, lemak jenuh yang tidak berbahaya, vitamin, dan antioksidan. Bahkan banyak penelitian yang menunjukkan sejumlah jenis kacang mampu menurunkan kolesterol.

Menurut Dr Meghana Pasi, Konsultan Nutrisi program MyThali, Arogya World, mengungkapkan bahwa kacang bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat hanya jika dikonsumsi dalam porsi optimal (tidak lebih dari segenggam - 20gm).


5 Jenis Kacang untuk Penderita Kolesterol

Berikut ini lima jenis kacang yang aman untuk para penderita kolesterol.

1. Kenari

Dilansir dari Medical News Today, dari sejumlah penelitian dapat disimpulkan bahwa seseorang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dengan mengkonsumsi kenari.

Selain itu, kacang kenari juga akan menyumbangkan antara 10 % sampai 25 % dari asupan energi harian seseorang. Kenari juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tidak dimiliki kacang jenis lain.

2. Almond

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kacang almond akan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan menumbuhkan kolesterol baik dalam tubuh.

Kacang almond juga kaya akan vitamin E dan antioksidan, sehingga dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga proses metabolisme.


3. Kacang Mede

Terdapat sebuah penelitian di tahun 2017 yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang mede akan dapat menurunkan kolesterol jahat. Namun, ada juga analisis yang menyebutkan bahwa kacang jenis ini tidak berpengaruh signifikan terhadap kolesterol total.

Selain menjadi sumber vitamin K, kacang mede juga mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas.

4. Hazelnut

Jenis kacang ini juga aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Menurut USDA, 100 g hazelnut yang tidak dipanggang mengandung 9,7 gram serat.

5. Pistachio

Diketahui jika jenis kacang ini memiliki kandungan fitosterol yang merupakan senyawa penurun kolesterol alami.

Berdasar penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, ditemukan bahwa mereka yang mengganti makanannya dengan pistachio mengalami penurunan jumlah kolesterol jahat.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)