5 Manfaat Konsumsi Ikan Shisamo, Makanan Favorit Rayyanza

Rabu, 28 Juni 2023 - 16:10 WIB
loading...
5 Manfaat Konsumsi Ikan Shisamo, Makanan Favorit Rayyanza
Shisamo yang dikenal juga sebagai ikan capelin atau smelt, merupakan salah satu ikan laut yang populer dalam masakan Jepang. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ikan shisamo menjadi sorotan setelah Rayyanza alias Cipung terlihat menyantapnya dengan lahap. Rupanya, ikan tersebut merupakan makanan favorit putra pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina itu.

Shisamo yang dikenal juga sebagai ikan capelin atau smelt, merupakan salah satu ikan laut yang populer dalam masakan Jepang. Ikan ini populer di seluruh dunia, dari Jepang dan Korea hingga Eropa dan Amerika Utara, karena ketersediaannya yang melimpah.



Selain rasanya yang lezat, ikan shisamo juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Ikan shisamo kaya akan fosfor, selenium, vitamin B12, mangan, dan asam lemak omega-3, serta memiliki kadar tembaga, seng, magnesium, dan kalsium sedang.

Di samping itu, ikan ini mungkin menawarkan berbagai vitamin B dan tingkat protein yang signifikan, hampir 30% dari kebutuhan harian Anda dalam porsi 3 ons. Berikut 5 manfaat dari rutin mengonsumsi ikan shisamo.

1. Dapat Meningkatkan Energi

Fosfor adalah mineral dalam tubuh dan merupakan elemen penting untuk mengubah nutrisi menjadi energi yang dapat digunakan. Sebanyak 20% dari kebutuhan harian Anda akan mineral ini dapat disediakan dalam satu porsi ikan shisamo, yang bisa membantu pengiriman nutrisi dan energi ke dalam sel menjadi efisien.

2. Meningkatkan Sistem Saraf

Kalsium adalah elektrolit, dan karenanya merupakan bagian penting dalam sistem saraf. Ikan smelt dapat memberikan kalsium yang memastikan kontraksi otot Anda dan pesan lain dalam sistem saraf dikomunikasikan secara efektif.


3. Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Terdapat kandungan potasium dalam jumlah sedang di setiap ikan shisamo. Mineral ini berfungsi sebagai vasodilator, yang artinya dapat membantu mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Ini dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit jantung seperti serangan jantung.

4. Tingkatkan Keseimbangan Kolesterol

Tidak semua lemak buruk untuk tubuh. Ikan smelt memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan keseimbangan kolesterol dan kesehatan jantung dengan mengurangi plak yang tersimpan di arteri.

5. Dapat Meningkatkan Tumbuh Kembang

Ada jumlah protein yang baik dalam satu porsi ikan smelt, yang dapat memenuhi 30% kebutuhan protein harian Anda. Asam amino dalam protein bisa dibentuk kembali untuk produksi jaringan otot, sekaligus membantu mempercepat metabolisme dan membantu upaya penurunan berat badan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3296 seconds (0.1#10.140)