Disfungsi Ereksi Bisa Menyebabkan Serangan Jantung, Pria Hati-hati!

Rabu, 28 Juni 2023 - 23:55 WIB
loading...
Disfungsi Ereksi Bisa Menyebabkan Serangan Jantung, Pria Hati-hati!
Studi menemukan disfungsi ereksi bisa menyebabkan serangan jantung. Disfungsi ereksi merupakan kondisi ketidakmampuan mempertahankan ereksi untuk seks. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Studi terbaru menemukan bahwa disfungsi ereksi bisa menyebabkan serangan jantung . Disfungsi ereksi merupakan kondisi ketidakmampuan untuk mempertahankan ereksi untuk seks yang menjadi masalah umum pria di seluruh dunia.

Institut Andrologi dan Kesehatan Seksual mengatakan bahwa satu dari 10 pria di India di bawah usia 30 tahun memiliki masalah disfungsi ereksi . Sesuai studi internal di antara pria muda, 100 dari 400 pria mengeluh tidak bisa mempertahankan ereksi penis di usia 20-an.

Menurut para ahli, banyak pria dengan disfungsi ereksi menderita masalah kardiovaskular yang mendasarinya atau masalah pembuluh darah. Masalah serius ini juga menempatkan pria pada risiko masalah jantung, termasuk serangan jantung yang fatal.

Hal ini terjadi karena penyakit pada lapisan dalam pembuluh darah, yang dikenal sebagai endotelium dan otot polos menyebabkan suplai darah yang tidak memadai ke jantung dan gangguan aliran darah ke penis.



Ketika sel endotel yang melapisi arteri rusak oleh faktor-faktor seperti diabetes, hipertensi, atau merokok, pembuluh darah akan kehilangan elastisitasnya. Kondisi ini akan mengganggu aliran darah dan menyebabkan pria disfungsi ereksi.

Disfungsi ereksi juga merupakan gejala pertama kolesterol pada pria. Di mana plak di arteri koroner menumpuk dan merupakan penghubung antara disfungsi ereksi dan penyakit kardiovaskular.

“Difungsi ereksi tidak selalu menunjukkan masalah jantung yang mendasarinya,” kata Direktur Rumah Sakit VNA Dr Anggur Malhotra dilansir dari Times Now News, Rabu (28/6/2023).

“Namun penelitian menunjukkan bahwa pria dengan disfungsi ereksi yang tidak memiliki penyebab yang jelas seperti trauma, dan yang tidak memiliki gejala masalah jantung harus diskrining untuk penyakit jantung sebelum memulai penyakit apapun,” sambungnya.



Para ahli mengatakan jika Anda berisiko tinggi mengalami penyakit jantung, ada beberapa perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi. Cara ini bisa meningkatkan kesehatan jantung dan secara otomatis akan meningkatkan kesehatan penis juga.

Adapun perubahan gaya hidup tersebut di antaranya adalah tingkatkan aktivitas fisik, dan pertahankan berat badan yang sehat. Selain itu, penting juga untuk berhenti merokok, minum alkohol dalam jumlah sedang dan terapi seks.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2346 seconds (0.1#10.140)