Indonesia Timur Punya KEK Morotai, Tak Kalah Indah dari Labuan Bajo

Rabu, 28 Juni 2023 - 21:12 WIB
loading...
Indonesia Timur Punya...
Indonesia Timur mempunyai KEK Morotai. Destinasi wisata ini dikenal tidak kalah indah dari Labuan Bajo yang menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Indonesia Timur mempunyai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai . Destinasi wisata ini dikenal tidak kalah indah dari Labuan Bajo yang berhasil menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara.

KEK Morotai merupakan kawasan pariwisata prioritas yang dikelola dan kembangkan oleh Jababeka Morotai di Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. Morotai punya keistimewaan pada alam laut dan baharinya.

Layaknya wisata yang berada di bagian Timur Indonesia yang terkenal akan wisata laut, KEK Morotai punya panorama pantai yang memesona dan alam laut yang menakjubkan. Perpaduan pantai, pasir putih, dan birunya air laut memanjakan mata.

Jelajah pulau adalah kegiatan wajib bagi wisatawan saat berkunjung ke KEK Morotai. Daftar pulau yang dijelajahi sendiri merupakan pulau-pulau kecil di Pulau Morotai yang memiliki keunikan masing-masing.

Mulai dari Pulau Dodola, Pulau Pasir Putih, Pulau Kokoya, Pulau Kolorai, dan Pulau Zum-zum. Pulau Dodola adalah destinasi ikonik wisata di Pulau Morotai, bahkan disebut-sebut sebagai objek wisata andalan di Pulau Morotai.

Baca Juga: Liburan ke Kepulauan Seribu, Ini Spot Sunset Terbaik di Pulau Bidadari


Pulau Dodola sendiri terdiri dari pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar. Keunikan Pulau Dodola hadir saat air laut surut. Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar akan tersambung dan tersisa hanya pemandangan pasir putih sepanjang 100 meter yang berpadu dengan birunya air laut.

Tak sampai di situ, wisatawan akan bisa melihat wisata hutan mangrove yang masih perawan dan kicauan burung yang bisa menghilangkan rasa penat dari kesibukan.

"Hampir semua pengunjung, banyak menghabiskan waktu di Pulau Dodola. Karena mereka biasanya betah. Entah sekadar menikmati suasananya, berfoto-foto, berenang maupun snorkeling untuk melihat pemandangan terumbu karang yang indah," kata General Manager Jababeka Morotai Susan Wijaya di Menara Batavia, Jakarta pada Jumat, 27 Juni 2023.

Susan menjelaskan bahwa Pulau Morotai memiliki 28 spot diving bagi wisatawan yang suka diving. Di mana, setiap titik diving memiliki keindahan sekaligus keunikan masing-masing. Tak ayal, Pulau Morotai disebut sebagai salah satu tempat diving terbaik di Indonesia.

Salah satu spot diving yang menarik dan banyak wisatawan adalah spot diving di Pulau Mitita. Kurang dari 15 meter di dasar laut Pulau Mitita, divers bisa bertemu dengan hiu besar ukuran jumbo. Namun tak perlu takut, karena merupakan hiu sirip hitam yang jinak. Wisatawan bisa berenang bersama dengan hiu maupun mengabadikan foto.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Murah di Semarang, Keliling Simpang Lima 2 Kali Cuma Rp35.000


"Kalau Labuan Bajo punya komodo yang hanya di Labuan Bajo. Kalau di Morotai, ada hiu-hiu jinak yang bisa diajak foto dan berenang bersama," jelas Susan.

Saat ini sudah ada pesawat yang bisa membawa wisatawan setiap hari. Soal akomodasi, banyak pilihan penginapan yang bisa dipilih di dalam KEK Morotai, salah satu proyek kota mandiri dari PT Jababeka Tbk. Satu di antaranya D'Aloha Resort yang memiliki fasilitas lengkap sehingga terjamin keamanan dan kenyamanannya, serta harga terjangkau dan posisinya dekat dengan pantai.

“Hal itu dibuktikan dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menginap di hotel ini saat kunjungan kerja ke Pulau Morotai dulu,” ujar Susan.

Selain itu, resort ini menyediakan paket tour bagi wisatawan yang ingin keliling pulau dan wisata menarik lainnya di Pulau Morotai. Harga yang ditawarkan juga sudah termasuk penginapan, makan pagi, siang, malam di D'Aloha Resort, transportasi darat dan laut selama wisata.

Ada juga snack dan lunch box selama wisata, guide profesional selama wisata serta sudah termasuk antar jemput ke bandara. Sehingga, wisatawan tidak perlu repot karena semua sudah diurus. Jika tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai paket tour wisata ini, bisa mengunjungi situs www.jababekamorotai.com.

(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)