Cegah Kolesterol Naik saat Iduladha, Simak Tips Sehat Menikmati Daging Kambing

Kamis, 29 Juni 2023 - 17:55 WIB
loading...
Cegah Kolesterol Naik saat Iduladha, Simak Tips Sehat Menikmati Daging Kambing
Risiko kolesterol dalam tubuh melonjak bisa saja terjadi gegara kalap makan daging kambing. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Momen berkumpul dengan keluarga saat Iduladha dipastikan banyak hidangan lezat berbahan daging kambing dan sapi. Perlu diingat risiko kolesterol dalam tubuh melonjak bisa saja terjadi gegara kalap makan daging tersebut.

Alhasil, tak sedikit yang khawatir mengonsumsinya terutama daging kambing. Namun tak perlu khawatir, ada banyak cara agar terhindar kolesterol mendadak naik setelah makan daging kurban tersebut.

Sebab, Dokter Yogi Subandra Dwitama dari RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta mengingatkan bahwa tidak benar kalau makan daging kambing otomatis meningkatkan kadar kolesterol seseorang.

Menjadi masalah ketika makan daging kambingnya kebanyakan atau menambahkan garam terlalu banyak di menu masakan. Dua hal ini penting untuk diperhatikan untuk mencegah kolesterol tinggi.



"Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan garam saat mengolah daging kambing. Jangan pakai banyak garam dengan alasan buang bau kambing, karena itu yang bikin kolesterol bisa meningkat, bukan dagingnya," kata dr Yogi dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Kamis (29/6/2023).

Selain dua hal itu, laman Siloam Hospitals memberikan tips sehat mengonsumsi daging kambing. Apakah terkait dengan penambahan perasan jeruk nipis ke daging segar?

Setidaknya ada 6 hal yang perlu dilakukan untuk mencegah kolesterol tinggi setelah makan daging kambing. Berikut penjelasannya:

1. Pilih daging kambing yang segar, yaitu daging yang berwarna merah cerah dan teksturnya kenyal.

2. Batasi konsumsi daging kambing, jangan rakus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)