Sandiaga Uno: Pergerakan Wisatawan Meningkat 65 Persen saat Libur Iduladha 2023

Senin, 03 Juli 2023 - 21:05 WIB
loading...
Sandiaga Uno: Pergerakan Wisatawan Meningkat 65 Persen saat Libur Iduladha 2023
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan libur lebaran Iduladha 2023 meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus). Foto/Dok.MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, libur lebaran Iduladha 2023 secara signifikan tengah meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) .

Dalam survei internal yang dilakukan Kemenparekraf, kata Sandiaga, pada liburan tersebut memperlihatkan lonjakan transportasi dan akomodasi melalui online travel agent (OTA) atau sejumlah agen perjalanan online.

Menurut Sandiaga dalam survei yang dilakukan pihaknya itu menunjukkan wisatawan nusantara lebih memilih liburan bersama keluarga pada saat periode libur panjang Iduladha 1444 Hijriyah.

Selain libur panjang Iduladha, tambah dia, juga dibarengi dengan adanya liburan sekolah. Yang mana lonjakan wisatawan tersebut menjadi meningkat.



Menurutnya, jumlah lonjakan wisatawan saat libur lebaran di tahun ini cukup meningkat hingga tiga kali lipat atau sekira 65 persen.

"Meningkat 65 persen dibandingkan periode sebelumnya," ujarnya dalam Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (3/7/2023).

Sandiaga juga menyebut, adapun destinasi wisata jadi favorit saat liburan panjang Iduladha 2023 di antaranya Yogyakarta, Solo, Malang, Batu, Bali, Lombok, Bandung, Puncak Bogor, dan Jabodetabek.

"Itu semua wisata andalan," terangnya.

Sandiaga menambahkan, momen liburan tersebut juga meningkatkan penjualan produk kuliner, usaha restoran dan kafe, cinderamata serta pusat jajanan hingga oleh-oleh.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)