Aneh! Minuman Bersoda Diresepkan Dokter untuk Atasi Tulang Ayam yang Tersangkut di Tenggorokan

Rabu, 05 Juli 2023 - 09:47 WIB
loading...
Aneh! Minuman Bersoda Diresepkan Dokter untuk Atasi Tulang Ayam yang Tersangkut di Tenggorokan
Minuman bersoda diresepkan oleh dokter untuk mengatasi tulang ayam yang tersangkut di tenggorokan seorang pasien di Selandia Baru. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
SELANDIA BARU - Apa jadinya kalau tulang ayam nyangkut di tenggorokan? Tulang ikan yang ukurannya kecil saja bikin kalang kabut, gimana tulang ayam.

Kejadian ini dialami oleh Beth Brash. Perempuan asal Selandia Baru itu curhat kalau tulang ayam nyangkut di tenggorokannya. Kejadian nahas tersebut berawal dari Beth yang ingin coba-coba menu baru di salah satu restoran langganannya.

Sudah banyak jenis makanan bertulang yang dia makan, namun berbeda dengan menu baru tersebut. Setelah beberapa suapan, Beth Brash menyadari ada sesuatu yang tak beres di tenggorokannya, dan itu ternyata tulang ayam.



Meski sadar ada yang tidak beres, Beth Brash coba tetap tenang. Ia bahkan tak segera mencari pertolongan dan tetap melanjutkan hari meski ada sesuatu yang aneh di tenggorokannya.

"Asumsi saya, sesuatu yang ada di tenggorokan ini lama kelamaan akan turun ke perut," ujar Beth Brash, dikutip dari laman Oddity Central, Rabu (5/7/2023).

Tapi, yang terjadi justru si tulang ayam tetap bertahan di tenggorokan. Beth Brash tidak mau lagi pasrah. Dia langsung ke ruang gawat darurat rumah sakit untuk mencari pertolongan medis.

Benar saja. Tulang ayam berukuran kecil tersangkut di tenggorokan Beth. Tapi, dokter THT memberi tahu kalau itu tak perlu dikhawatirkan. Merasa sudah terlalu lama ada tulang di tenggorokan, Beth meminta dokter untuk menghilangkannya.

Ini yang bikin kaget. Dokter THT yang menangani Beth Brash menyarankan agar perempuan itu meminum empat kaleng minuman soda yang mana tujuannya adalah untuk melarutkan tulang ayam yang tersangkut. Beth kontan terkejut dengan 'resep obat' tersebut.

Kendati demikian, saran dokter didengar oleh Beth. Ia lantas pergi ke supermarket setelah dari RS dan mulai mengonsumsi minuman soda sesuai arahan dokter. Ajaibnya, Beth merasa membaik dan terus membaik. Artinya si tulang ayam yang tersangkut di tenggorokan sudah benar-benar lenyap.



Secara terpisah, Dokter Bryan Betty, Chair of General Practice Selandia Baru, mengatakan bahwa dirinya baru pertama kali mendengar cerita seperti ini. Bahwa minuman soda menjadi resep obat dokter.

Tapi, Dokter Bryan coba menarik benang merah kenapa koleganya itu menyarankan minum soda untuk melunturkan tulang ayam yang tersangkut di tenggorokan. Satu poin penting adalah bahwa minuman soda itu minuman asam yang bahkan dapat memecah email gigi.

"Soda bukan jenis perawatan yang akan diresepkan dokter, tapi jika dapat mencegah prosedur invasif, maka patut dicoba," kata Bryan Betty.

Dokter Bryan Betty pun melakukan percobaan. Ia menempatkan tulang ayam di dalam segelas minuman soda. Hasilnya, setelah beberapa hari tulang ayam itu hancur, larut dalam soda.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)