6 Jajanan Pasar Penyebab Asam Urat, Nomor 4 Kerap Dijadikan Oleh-oleh

Jum'at, 07 Juli 2023 - 20:15 WIB
loading...
6 Jajanan Pasar Penyebab Asam Urat, Nomor 4 Kerap Dijadikan Oleh-oleh
Jajanan pasar yang menyebabkan asam urat wajib diketahui, diantaranya emping melinjo memiliki kandungan purin yang tinggi. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Jajanan pasar yang menyebabkan asam urat wajib diketahui, jika Anda tak ingin mengalami gangguan kesehatan akibat makanan tinggi purin ini.

Asam urat merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Salah satu penyebabnya adalah pola konsumsi makanan dengan kandungan purin dan fruktosa yang berlebihan.

Sebagaimana dilansir jurnal "Kebiasaan Makan Makanan Tinggi Purin dengan Kadar Asam Urat", Mengkonsumsi makanan tinggi purin akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah.



Biasanya, kandungan tersebut terdapat dalam sebuah makanan. Tak terkecuali jajanan pasar. Berikut enam jajanan pasar yang bisa menyebabkan asam urat:

6 Jajanan Pasar Penyebab Asam Urat

1. Emping

Bahan dasar pembuat emping, yakni melinjo mengandung sekitar 150 mg purin/100 gram yang tergolong tinggi dan dapat memicu asam urat, sehingga perlu dikurangi dalam konsumsinya.

Emping sendiri merupakan jenis cemilan seperti kerupuk yang tersedia dalam berbagai varian rasa di pasar, mulai dari yang polos hingga pedas.

2. Kacang Polong

Kacang jenis ini diketahui memiliki kandungan purin paling tinggi dalam keluarga kacang kacangan. Jumlahnya sekitar 5-100 mg untuk setiap 3,5 ons kacang.

Selain itu kacang polong juga memiliki kadar kalori lebih tinggi yakni sekitar 50 mg untuk setiap 100 gram. Karena itu perlu mengurangi bila yang sering memakan jajanan ini.

3. Jipang Kacang

Meskipun kacang tanah merupakan jenis makanan yang aman bagi penderita asam urat dan bahkan dapat menjadi pemenuh protein yang baik. Namun beda cerita bila telah diolah menjadi jipang.

Jipang kacang sendiri merupakan makanan khas Jawa yang berbahan dasar kacang dan gula merah. Karena kandungan fruktosa dalam gula ditambah dengan kandungan purin dalam kacang tentu akan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebih.

4. Tape

Tape yang terbuat dari fermentasi singkong memerlukan ragi dalam prosesnya. Ekstrak ragi inilah yang mengandung purin yang tinggi tergantung jenis ragi.

Karena itu jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang kerap dijadikan oleh-oleh saat ke Bandung ini supaya terhindar dari asam urat.

5. Tape Ketan

Jajanan berikutnya tak beda jauh dari sebelumnya hanya saja punya bahan dasar yang berbeda yakni dari beras ketan.

Tape ketan ini diperkirakan memiliki kandungan purin sekitar 100-1000 mg di setiap 100 gram tergantung dari ragi yang digunakan. Hal tersebut berlaku juga pada tape singkong.

6. Jamur Crispy

Jajanan pasar selanjutnya yang bisa memicu asam urat adalah jamur crispy. Pasalnya, makanan ini memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.

Kandungan purin inilah yang menjadikan jamur termasuk makanan penyebab asam urat tinggi dan pengobatan yang bisa dilakukan penderita adalah membatasi konsumsinya.

Di dalam 100 gram jamur terdapat 12-17 gram purin. Sebaiknya mulai batasi dan rutin periksakan diri.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)