Apa Itu Purin? Zat yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat

Sabtu, 08 Juli 2023 - 11:15 WIB
loading...
Apa Itu Purin? Zat yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat
Penyebab utama asam urat adalah karena kadar zat purin yang tinggi di dalam tubuh. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Asam urat merupakan salah satu penyakit sejuta umat. Penyebab utamanya adalah karena adanya kadar zat purin yang tinggi di dalam tubuh.

Meski terkenal menjadi biang keladi penyakit asam urat, ternyata tidak banyak yang mengetahui banyak tentang purin.

Lantas, apa itu purin yang selama ini hanya diketahui sebagai zat yang harus dihindari oleh penderita asam urat? Berikut ulasannya, dikutip dari berbagai sumber, Sabtu, (8/7/2023).

Secara alamiah, asam urat merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin. Purin merupakan zat alami yang memiliki beberapa fungsi penting bagi tubuh.



Mulai dari mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi. Nantinya, ketika sudah selesai digunakan tubuh, asam urat akan dibuang melalui urine.

Namun, terkadang tubuh dapat menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal mengalami gangguan sehingga mengeluarkan terlalu sedikit asam urat.

Ketika ini terjadi, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

Mengkonsumsi makanan tinggi purin akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah, yang merupakan predisposisi terjadinya gout arthritis.


Jenis-jenis Purin

Purin merupakan senyawa yang bermanfaat untuk menyediakan energi, proses metabolisme, dan mengontrol pertumbuhan sel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2470 seconds (0.1#10.140)