7 Air Rebusan Penurun Kolesterol, Terbukti Manjur

Minggu, 09 Juli 2023 - 16:30 WIB
loading...
7 Air Rebusan Penurun Kolesterol, Terbukti Manjur
Tujuh air rebusan penurun kolesterol ini selain mudah dibuat juga tak sulit mendapatkan bahan-bahannya. Foto/Health Shots
A A A
JAKARTA - Tujuh air rebusan penurun kolesterol ini selain mudah dibuat juga tak sulit mendapatkan bahan-bahannya. Meskipun kolesterol merupakan salah satu zat yang punya peran penting dalam tubuh, namun bila kadarnya berlebih akan menimbulkan hal buruk.

Karena itu menjaga kadar kolesterol supaya tidak berlebihan ini perlu dilakukan. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur akan menjadi hal yang penting untuk menurunkan kadarnya.

Bila kadar kolesterol sudah terlalu tinggi, maka pola makan haruslah benar-benar diatur. Salah satu cara untuk menurunkan kadar tersebut biasanya menggunakan obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter.



Namun, terdapat cara yang lebih alami ketimbang harus mengonsumsi obat-obatan. Salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi air rebusan penurun kolesterol.

7 Air Rebusan Penurun Kolesterol

Berikut ini tujuh air rebusan penurun kolesterol yang sudah terbukti khasiatnya dalam beberapa penelitian.

1. Air Rebusan Daun Salam

Menurut penelitian dalam jurnal Pengaruh Pemberian Air Rebusan Daun Salam Terhadap Kadar Kolesterol pada Lansia Hiperkolesterol di Trimulyo Sleman, terdapat penurunan yang cukup signifikan pada kelompok yang telah diberikan air rebusan daun salam selama dua minggu, yakni dari 248,1 mg/dl menjadi 182 mg/dl.

Hal tersebut disebabkan karena daun salam mengandung sejumlah zat yang memberi efek antidiabetik, antihypertensive, antioksidan, antikolesterol, dan antitumor.

2. Air Rebusan Daun Sirsak

Berdasar penelitian yang tercantum dalam jurnal Potensi Ekstrak Daun Sirsak sebagai Penurun Kolesterol dan Pengendali Bobot Badan, mengungkapkan bahwa air rebusan daun sirsak mampu menurunkan kadar kolesterol dan juga berat badan.

Daun sirsak memiliki kandungan flavonoid yang mampu menghambat pertumbuhan HMG CoA reduktase. Cara kerja itu serupa dengan mekanisme simvastatin dalam menurunkan kolesterol.

3. Air Rebusan Daun Kelor

Dilansir dari Dinkes Kabupaten Bandung, daun kelor bagus untuk kesehatan, terutama untuk jantung dengan mengontrol lipid darah, pencegahan pembentukan plak di arteri, serta penurunan kadar kolesterol.

Daun kelor diketahui memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin C, beta karoten, quercetin, chlorogenic acid, antioksidan, dan masih banyak lagi.

4. Air Rebusan Daun Sirih

Air rebusan daun sirih juga memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol dalam sejumlah penelitian yang telah dilakukan. Selain membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, daun ini juga mampu menumbuhkan kadar kolesterol baik.


5. Air Rebusan Jahe Merah

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa pemberian air rebusan jahe merah dapat menurunkan kadar kolesterol yang dipengaruhi oleh kandungan dalam jahe yaitu senyawa flavonoid dan polifenol yang dapat mencegah adanya radikal bebas dalam tubuh, memiliki efek hipokolesterol.

6. Air Rebusan Sereh

Jurnal Scientific Basis for the Therapeutic Use of Cymbopogon Citratus, Stapf (Lemon Grass) menyebutkan bahwa mengonsumsi air rebusan serai dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, daun sereh juga mampu menurunkan kadar glukosa darah.

7. Air Rebusan Daun Alpukat

Terdapat sebuah studi yang menganalisis pengaruh pemberian ekstrak daun alpukat dan biji alpukat dalam bentuk kombinasi terhadap kolesterol total, LDL, dan HDL pada tikus hiperkolesterolemia.

Hasilnya kombinasi air rebusan daun dan biji alpukat ini ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4035 seconds (0.1#10.140)
pixels