3 Minuman Penurun Kolesterol Tinggi yang Efektif Usir Lemak Jahat

Selasa, 11 Juli 2023 - 17:52 WIB
loading...
3 Minuman Penurun Kolesterol Tinggi yang Efektif Usir Lemak Jahat
Ada tiga minuman penurun kolesterol tinggi yang efektif. Berdasarkan penelitian, minuman ini menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada tiga minuman penurun kolesterol tinggi yang efektif. Berdasarkan penelitian, minuman ini terbukti menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

Kolesterol tinggi merupakan kondisi terlalu banyak zat lemak yang dikenal sebagai kolesterol dalam darah. Meski awalnya tidak perlu dikhawatirkan, seiring waktu kolesterol dapat menumpuk yang menyebabkan penyumbatan.

Dilansir dari Express, Selasa (11/7/2023) dalam kasus yang parah, kolesterol tinggi dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius yang mengancam jiwa seperti serangan jantung dan stroke.

Diet adalah faktor utama yang berkontribusi terhadap kolesterol tinggi, dengan makan terlalu banyak makanan berlemak salah satu penyebab paling umum. Namun, makanan dan minuman tertentu dapat meningkatkan kolesterol, dan yang lain dapat menurunkannya.



Seorang ahli merekomendasikan tiga minuman untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Ahli gizi terdaftar dan pendiri klinik Healthy Mays, Mays Al Ali menyarankan untuk menambahkan teh hijau, yerba mate, dan teh kembang sepatu ke dalam diet harian

“Teh hijau dan juga yerba mate keduanya telah terbukti menurunkan kolesterol lipoprotein densitas rendah yang buruk meningkatkan lipid serum,” kata Mays Al Ali.

“Tapi hati-hati mereka berdua kaya kafein jadi hanya minum di pagi hari agar tidak mengganggu tidur,” sambungnya.

Teh kembang sepatu juga telah terbukti menurunkan kolesterol. Dalam satu studi, mereka yang meminumnya setiap hari, menurunkan trigliserida, lipoprotein densitas rendah dan kolesterol total, dan meningkatkan lipoprotein densitas tinggi yang baik hanya satu bulan.



Sebuah studi, yang diterbitkan di Jurnal Nutrisi pada 2020 menyimpulkan bahwa minum teh hijau dapat memangkas lipoprotein densitas rendah yang dikenal sebagai kolesterol jahat serta kolesterol total.

“Meta-analisis dari 31 studi yang mencakup lebih dari 3.300 peserta, ditemukan bahwa konsumsi teh hijau menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total,” tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)