5 Tips Persiapkan Hari Pertama Anak Masuk Sekolah

Rabu, 12 Juli 2023 - 05:30 WIB
loading...
5 Tips Persiapkan Hari Pertama Anak Masuk Sekolah
Hari pertama anak masuk sekolah adalah momen berharga yang bisa menimbulkan kecemasan atau kekhawatiran tentang pengalaman yang akan dialaminya. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Hari pertama anak masuk sekolah adalah momen berharga yang bisa menimbulkan kecemasan atau kekhawatiran tentang pengalaman yang akan dialaminya. Sebab, memasuki lingkungan dan fase pertumbuhan baru bagi anak, sering membuat orang tua bertanya-tanya apakah si kecil sudah siap beradaptasi.

Psikolog Klinis Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani menyarankan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu kesiapan si kecil pada hari pertama masuk sekolah.

1. Mulai Persiapan 1-2 Minggu Sebelumnya

Sejak 1-2 minggu sebelum sekolah, mulailah melakukan rutinitas serupa dengan yang akan dijalankan di hari-hari sekolah nanti. Misalnya mulai membiasakan bangun jam 6, lalu mandi dan berganti pakaian, sarapan, kemudian lanjut beraktivitas seperti bermain sekolah-sekolahan. Anak jadi punya persiapan mental untuk mulai bersekolah.

2. Kunjungi Sekolah

Persiapan mental lain adalah sesekali mengunjungi calon sekolahnya. Perlihatkan kelasnya, tempat bermain, mainan-mainannya, dan lain-lain. Jika mungkin, perkenalkan anak pada calon gurunya. Sampaikan hal-hal positif tentang sekolah untuk mengurangi kecemasan anak.



3. Ajari Anak Cara Berinteraksi dan Dapatkan Teman Baru

Agar anak tidak merasa malu atau canggung ketika bertemu orang lain atau teman baru di sekolah, cobalah ajari si kecil cara berkenalan dengan calon temannya. Misalnya, melatih anak menyebutkan nama dirinya sambil menanyakan nama lawan bicaranya, sekaligus menyodorkan tangan kepada calon temannya terlebih dulu. Bisa juga mengingatkan anak untuk tersenyum dengan pandangan mengarah ke orang yang diajak berkenalan.

4. Ajak Berkomunikasi tentang Pengalaman Pertama Sekolahnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)