Menurunkan Asam Urat dengan Pisang, Konsumsi Tiap Hari Ampuh Obati Nyeri Sendi

Rabu, 12 Juli 2023 - 21:44 WIB
loading...
Menurunkan Asam Urat dengan Pisang, Konsumsi Tiap Hari Ampuh Obati Nyeri Sendi
Pisang dipercaya bisa membantu menurunkan asam urat dalam darah. Buah ini salah satu makanan rendah purin sehingga dapat mengurangi serangan asam urat. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Pisang dipercaya bisa membantu menurunkan asam urat dalam darah. Sebab, buah ini merupakan salah satu makanan rendah purin sehingga dapat mengurangi serangan asam urat dan aman dikonsumsi penderita asam urat.

Pisang juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Penelitian yang dirilis pada 2021 menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang tinggi dapat melindungi dari asam urat . Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaat potensial ini.

Namun, pisang juga mengandung fruktosa, gula alami yang terdapat dalam buah. Penelitian yang dirilis pada 2019 mencatat beberapa bukti bahwa fruktosa dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan asam urat. Hal ini hanya berlaku untuk makanan dan minuman yang banyak mengandung fruktosa, seperti jus.

Para peneliti mengatakan bahwa makan buah utuh dalam jumlah sedang kemungkinan besar aman bagi penderita asam urat. Di sisi lain, efek dari mengonsumsi jus buah atau smoothie memerlukan penelitian lebih lanjut.



Dilansir dari Medical News Today, Rabu (12/7/2023) tidak ada penelitian khusus yang menyelidiki apakah pisang bermanfaat untuk asam urat. Namun, buah ini memiliki beberapa sifat yang bisa memberikan efek positif pada kesehatan.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu pisang mengandung sekitar 16 persen dari nilai vitamin C harian yang direkomendasikan. Penelitian yang dirilis pada 2021 mencatat kadar vitamin C yang lebih tinggi dapat meningkatkan metabolisme asam urat, memecahnya dan mengurangi tingkat keseluruhan.

Pisang juga tinggi potasium, yang sangat penting untuk menjaga fungsi ginjal yang baik. Karena asam urat dapat merusak fungsi ginjal, mengonsumsi makanan kaya potasium seperti pisang dapat menyehatkan organ ini. Beberapa ahli menyarankan mengonsumsi pisang setiap hari.

Dilansir dari Health Line, asam urat sendiri merupakan produk sampingan yang tercipta saat tubuh memecah purin. Purin adalah zat yang diproduksi secara alami di dalam tubuh dan juga ditemukan di beberapa makanan dan minuman.



Jika Anda memiliki terlalu banyak asam urat dalam tubuh, itu dapat membentuk kristal yang menyebabkan peradangan dan nyeri pada persendian. Kondisi ini dapat menyebabkan sejenis radang sendi yang disebut asam urat.

Meskipun ada faktor lain yang berkontribusi terhadap asam urat, semakin tinggi kadar asam urat dalam tubuh, semakin besar kemungkinan terjadinya peradangan, pembengkakan, dan nyeri asam urat.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3287 seconds (0.1#10.140)