5 Artis Indonesia yang Dilarang Bawakan Lagu oleh Penciptanya, Nomor 4 Sempat Kena Somasi

Kamis, 13 Juli 2023 - 15:15 WIB
loading...
5 Artis Indonesia yang Dilarang Bawakan Lagu oleh Penciptanya, Nomor 4 Sempat Kena Somasi
Once Mekel merupakan salah satu artis Indonesia yang dilarang membawakan lagu oleh penciptanya. Foto/YouTube Dunia Manji
A A A
JAKARTA - Artis Indonesia yang dilarang membawakan lagu oleh penciptanya ternyata cukup banyak. Bahkan, beberapa diantaranya hingga saat ini terus berlanjut.

Selain karena memiliki konflik, beberapa artis atau penyanyi berikut ini dilarang membawakan lagu oleh penciptanya karena sudah tidak lagi di bawah grup musik yang sama.

Nah, berikut beberapa artis atau penyanyi yang dilarang membawakan lagu oleh penciptanya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis, (13/7/2023).

5 Artis Indonesia yang Dilarang Bawakan Lagu oleh Penciptanya

1. Once Mekel

Ahmad Dhani selaku pentolan sekaligus pencipta hampir seluruh lagu Dewa 19 memberikan penegasan dalam konferensi persnya baru-baru ini.



Dihadapan wartawan, ia menegaskan jika dirinya melarang Once Mekel membawakan lagu Dewa 19 dalam penampilannya di acara ataupun konser apapun.

"Saya mengumumkan bahwa saya melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa19, sejak saya ucapkan di media hari ini," ujar Ahmad Dhani.

Sementara itu, Ari Lubis, selaku kuasa hukum Ahmad Dhani pun menjelaskan bahwa akan ada konsekuensi jika Once melanggar hal tersebut.

Tak main-main, akan ada konsekuensi pidana dan perdata yang akan didapatkannya jika nekat membawakan lagu-lagu Dewa 19 sejak Dhani memberikan pengumuman tersebut, hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

2. Sammy Simorangkir

Pada 2022 lalu, Doadibadai Hollo alias Badai membuat surat terbuka mengenai penggunaan karyanya. Ia melarang mantan bandnya, Kerispatih dan Sammy Simorangkir membawakan lagu ciptaannya ketika manggung tanpa izin.

Badai sebagai pencipta lagu-lagu di Kerispatih melarang ciptaannya dibawakan di panggung dalam bentuk reunian atau kolaborasi Kerispatih dan Sammy Simorangkir tanpa izin. Ia menilai hal ini adalah bagian dari haknya.

"Saya mohon maaf, saya harus melakukan ini karena menurut saya, ini adalah hak saya sebagai pemilik lagu tunggal dari semua lagu-lagu yang ada di album Kerispatih ketika masih bersama Sammy Simorongkir atau yang kini bersama dengan Fandy Santoso," ucapnya.

3. The Groove

Baru-baru ini, oenyanyi Rieka Roslan juga melayangkan somasi terbuka untuk mantan grup bandnya, The Groove. Dalam somasinya, wanita 53 tahun ini melarang para anggota The Groove untuk membawakan lagu ciptaannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2111 seconds (0.1#10.140)