5 Manfaat Pepaya untuk Perawatan Kecantikan Kulit dan Rambut

Jum'at, 14 Juli 2023 - 04:14 WIB
loading...
5 Manfaat Pepaya untuk Perawatan Kecantikan Kulit dan Rambut
Pepaya kaya vitamin C dan antioksidan yang baik untuk perawatan kecantikan tubuh. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang tumbuh subur di daerah tropis. Dagingnya berwarna oranye kemerahan, bertekstur lembut, dan rasanya manis.

Biasanya pepaya dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Buah ini juga kaya vitamin C dan antioksidan yang baik untuk perawatan kecantikan tubuh.

Dilansir dari laman Times of India, Jumat (14/7/2023), berikut manfaat pepaya untuk perawatan kecantikan tubuh.


1. Mengurangi Noda pada Wajah

Buah pepaya bisa mengurangi noda, baik flek maupun bekas jerawat. Oleskan pasta pepaya mentah yang telah ditumbuk halus pada wajah dan biarkan selama setengah jam.

Racikan ini akan membantu Anda menghilangkan noda yang tidak diinginkan pada kulit.

2. Tingkatkan Pertumbuhan Rambut

Menurut penelitian, nutrisi dalam pepaya membantu mencegah kebotakan. Mengonsumsi buah pepaya minimal tiga kali seminggu bisa membantu mengurangi penipisan rambut.

Dengan mengonsumsi pepaya setiap hari akan menutrisi kulit dan rambut Anda supaya lebih sehat serta terhindar dari kerusakan.

3. Mengobati Kulit Retak

Selain wajah, buah pepaya juga dapat digunakan untuk mengobati tumit yang perih dan pecah-pecah atau retak akibat kering maupun cuaca.

Anda bisa menjadikannya masker, caranya dengan dihancurkan terlebih dulu namun jangan terlalu lembut. Pakai di wajah yang sudah dicuci sebelumnya, diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu bersihkan dengan air.


4. Mengurangi Ketombe

Masker rambut yang mengandung pepaya dapat membantu merawat kulit kepala yang kering dan bersisik.

Buang biji pepaya mentah dan haluskan buah dengan setengah cangkir yogurt. Biarkan pasta di rambut Anda selama sekitar 30 menit lalu bilas.

5. Menutrisi Kulit

Mengandung enzim vitamin A dan papain, pepaya membantu mengangkat sel kulit mati dan protein yang tidak aktif, sehingga dapat meremajakan kulit Anda.

Selain itu, buah ini juga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Jika Anda ingin kulit bercahaya, gunakan masker madu pepaya. Hancurkan setengah buah pepaya dan campur dengan tiga sendok madu untuk membuat pasta halus.

Oleskan dengan lembut di wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)