7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Sabtu, 08 April 2023 - 22:05 WIB
loading...
7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan
Daun pepaya memiliki banyak manfaat kesehatan yang sayang dilewatkan. Daun pepaya sering digunakan dalam berbagai masakan dan pengobatan tradisional. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Daun pepaya memiliki banyak manfaat kesehatan yang sayang dilewatkan. Daun pepaya sering digunakan dalam berbagai masakan dan pengobatan tradisional yang dipercaya bisa mengatasi berbagai kondisi.

Daun pepaya memiliki fitokimia tingkat tinggi seperti saponin, tanin, alkaloid, dan flavonoid, terutama b-karoten, untuk membersihkan darah, meningkatkan sirkulasinya, mengobati gangguan saluran pencernaan.

Kandungan tersebut juga bisa melindungi hati dan ginjal dari peradangan, mengelola hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Berikut manfaat daun pepaya untuk kesehatan dilansir dari Health Line, Sabtu (8/4/2023).

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan





1. Mengobati Gejala Demam Berdarah


Salah satu manfaat obat yang paling menonjol dari daun pepaya adalah potensinya untuk mengobati gejala tertentu yang berhubungan dengan demam berdarah. Studi menemukan bahwa ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan kadar trombosit darah pada penderita demam berdarah.

2. Mengobati Diabetes


Daun pepaya sering digunakan dalam pengobatan tradisional Meksiko sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan mengontrol gula darah. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa daun pepaya memiliki efek penurun gula darah, tidak ada penelitian pada manusia yang mendukung penggunaannya untuk tujuan ini.

3. Meringankan Gejala Pencernaan


Teh dan ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif untuk meringankan gejala pencernaan yang tidak nyaman, seperti gas, kembung dan mulas. Nutrisi dan senyawa dalam daun pepaya dapat meringankan gangguan pencernaan, namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.



4. Efek Anti-inflamasi


Daun pepaya sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai kondisi peradangan internal dan eksternal, termasuk ruam kulit, nyeri otot dan nyeri sendi. Daun pepaya mengandung berbagai nutrisi dan senyawa tumbuhan dengan potensi manfaat anti inflamasi, seperti papain, flavonoid, dan vitamin E.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)