4 Ciri-ciri Asam Urat di Usia Muda, Nomor 3 Jangan Dianggap Sepele

Minggu, 16 Juli 2023 - 10:35 WIB
loading...
4 Ciri-ciri Asam Urat di Usia Muda, Nomor 3 Jangan Dianggap Sepele
Ciri-ciri asam urat di usia muda perlu Anda ketahui agar bisa dideteksi sedari dini. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri asam urat di usia muda perlu Anda ketahui agar bisa dideteksi sedari dini. Apalagi, gaya hidup generasi milenial yang cenderung semakin buruk, tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini dapat menyerang usia muda.

Lantas, apa saja ciri-ciri asam urat di usia muda? Berikut diantaranya, dilansir dari beberapa sumber, Minggu, (16/7/2023).

4 Ciri-ciri Asam Urat di Usia Muda

1. Nyeri di beberapa bagian sendi

Beberapa orang dengan usia muda, umumnya akan merasakan beberapa gejala berupa nyeri di salah satu atau beberapa bagian sendi. Mulai dari bagian jempol kaki, lutut, atau pergelangan kaki.

Rasa nyeri tersebut tidak terjadi setiap waktu. Dalam banyak kasus, nyeri sendi mulai terasa di waktu pagi. Rasa nyeri yang dirasakan akan semakin parah selama 4-12 jam pertama.



Bahkan setelah rasa sakitnya hilang, masih ada sisa-sisa yang tertinggal, seperti sensasi tidak nyaman di area persendian.

2. Bengkak di bagian sendi

Terkadang, di bagian tersebut tak hanya timbul rasa nyeri, namun juga menjadi bengkak. Hal ini karena adanya pengkristalan di area sendi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi. Kristal yang terbentuk umumnya kecil.

Akan tetapi, kristal-kristal tersebut memiliki sisi-sisi tajam dan keras hingga berpotensi melukai sekitarnya. Biasanya, serangan pada sendi ini dapat hilang dalam beberapa hari, tetapi dapat kembali lagi dari waktu ke waktu.

3. Panas di area persendian

Asam urat yang terlalu tinggi terkadang menyebabkan peradangan yang memicu rasa panas di area sendi. Ciri ini janganlah dianggap sepele karena dapat berdampak serius bagi kesehatan tubuh.

Dalam beberapa kasus, penderita penyakit asam urat bahkan merasakan sensasi seperti terbakar. Kondisi seperti ini lazim terjadi, baik di usia muda maupun tua.

Meski demikian, sensasi yang dirasakan tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa panas di bagian sendi sebenarnya disebabkan oleh reaksi sistem imun saat proses inflamasi atau peradangan terjadi.

4. Kulit kemerahan di sekitar persendian

Ginjal memiliki andil besar dalam menjaga kadar asam urat agar tetap seimbang. Namun, ketika kadar asam urat terlalu tinggi, ginjal akan kesulitan dalam memprosesnya.

Akibatnya, asam urat menumpuk dan membentuk kristal di area persendian. Kristal-kristal kecil yang terbentuk di bagian sendi ini dapat menyebabkan peradangan.

Peradangan akibat asam urat tidak hanya menyebabkan pembengkakan. Inflamasi yang terjadi juga dapat menyebabkan kulit kemerahan, khususnya di area persendian, akibat meningkatnya aliran darah di area tersebut.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)