6 Gangguan Komplikasi Penyakit Asam Urat

Minggu, 08 Januari 2023 - 06:17 WIB
loading...
6 Gangguan Komplikasi Penyakit Asam Urat
Ada banyak gangguan komplikasi penyakit asam urat. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada banyak gangguan komplikasi penyakit asam urat. Untuk diketahui, asam urat merupakan kondisi serangan radang sendi yang menyakitkan dan akut. Hal tersebut disebabkan penumpukan asam urat dalam darah.

Asam urat sering kali kambuh pada malam hari, dan bisa membuat penderitanya terjaga dari tidur. Rasa sakit yang berkelanjutan juga dapat membuat penderitanya tidak dapat tidur kembali.

Banyak orang yang mengalami satu serangan asam urat, dan tidak pernah mengalami serangan kedua. Namun, ada pengembangan gout kronis atau serangan berulang yang terjadi lebih sering dari waktu ke waktu.

Baca juga: Bisa Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2, Ini 5 Manfaat yang Mengesankan dari Apel

Asam urat kronis dapat menyebabkan masalah yang lebih parah, terutama jika tidak ditangani. Dan, berikut ini 6 gangguan komplikasi penyakit asam urat, seperti dilansir laman kesehatan Healthline pada Sabtu (7/1/2023).

1. Produktivitas Menurun

Ketika asam urat kambuh, akan sangat mengganggu aktivitas. Apalagi bila terjadi malam hari yang menyebabkan Anda tidak bisa tidur. Ketika Anda tidak bisa tidur, akan merasa lelah, stres, perubahan suasana hati, dan efek buruknya dapat menyebabkan kecacatan permanen.

2. Tophi

Tophi adalah endapan kristal urat yang terbentuk di bawah kulit pada kasus gout kronis, atau tophaceous gout. Tophi paling sering terjadi di bagian tubuh antara tangan, kaki, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan telinga.

Tophi terasa seperti benjolan keras di bawah kulit dan biasanya tidak nyeri, kecuali saat serangan asam urat saat meradang dan bengkak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)