Digemari Wisman, Ini Tren Baru di Dunia Diving

Minggu, 16 Juli 2023 - 10:23 WIB
loading...
A A A
Cave Instructor sekaligus Technical Deep Instructor Adi Halim, menjelaskan, walaupun beda dengan diving biasa. cave diving disebut juga sebagai olahraga berisiko, sehingga penting untuk membekali diri sebelum terjun. “Cave diving itu menyelam di tempat yang berbahaya, jadi memang bukan olahraga untuk semua orang,” kata Adi.

Lanjut Adi, karena saat memutuskan untuk mengeksplorasi gua di bawah, penyelam biasanya membutuhkan sistem tangki sesering mungkin, dengan kapasitas udara yang banyak dan tingkat mobilitas yang tinggi, sehingga mampu melewati celah-celah gua.

Razor Side Mount, sebuah inovasi baru di dunia diving yang memungkinkan para penyelam untuk membawa tabung oksigen mereka bukan di punggung, melainkan di bagian samping tubuh. Sistem Side Mount ini sangat cocok bagi traveler yang tertarik dengan aktivitas ekstrem seperti Cave Diving alias menyelam di dalam gua.

Para penyelam yang melakukan eksplorasi gua di bawah air membutuhkan sistem manajemen tangki oksigen yang seringan mungkin, serta dengan kapasitas udara yang banyak dan tingkat mobilitas tinggi, sehingga mampu melewati celah-celah gua.

Pilihan paling aman dan nyaman adalah dengan menggunakan side mount diving, atau menyelam dengan dua tangki (atau lebih) yang diletakkan sejajar di samping tubuh, tidak seperti penyelam pada umumnya yang menggunakan back mount atau satu tangki di punggung.

Salah satu Razor side mount equipment yang banyak dicari adalah BCD RAZOR 4 SIDE MOUNT yang memiliki Double Bladder, sehingga apabila bladder (pelampung utama) bermasalah atau peralatan pelampung seperti Inflator Hose bermasalah, ada secondary bladder yang bisa difungsikan secara manual. Saat ini, BCD RAZOR 4 SIDE MOUNT dijual dengan harga Rp17.200.000 di Indonesia.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)