Kisah Rafael Tan Sukses di Bisnis Seblak, Berawal dari Sepi Job dan Bikin Bakso Aci

Minggu, 16 Juli 2023 - 21:48 WIB
loading...
Kisah Rafael Tan Sukses di Bisnis Seblak, Berawal dari Sepi Job dan Bikin Bakso Aci
Nama Rafael Tan belakangan kembali populer karena konten makan seblaknya. Foto/Instagram Rafael Tan
A A A
JAKARTA - Nama Rafael Tan belakangan kembali populer karena konten makan seblaknya. Padahal, nama Rafael di industri musik Tanah Air sempat tenggelam bersama redupnya kepopuleran boyband SMASH.

Saking populer karena konten makan seblak, Rafael kini dijuluki Duta Seblak oleh netizen. Namun, kepopuleran itu menurutnya adalah hal yang tak disengaja.

Hal itu Rafael ungkapkan di podcast Denny Sumargo baru-baru ini. Artis asal Garut itu menyebut bahwa sebelum viral sebagai Duta Seblak, ia sempat menjalankan usaha Bakso Aci.



Usaha itu dilakukan mengingat saat pandemi Covid-19, Rafael sempat tidak memiliki pekerjaan sama sekali. Hal itu juga bersamaan dengan job manggung SMASH yang semakin sepi.

“Buka usaha karena gua nggak ada kerjaan saat itu, sama sekali. Bikin bakso Aci dulu. Dibilang rame, ya rame, tapi mau seramai gimana ya,” ujar Rafael Tan, dilansir dari kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, Minggu (16/7/2023).

Rafael Tan mengaku menjalankan usaha jualan bakso aci sendiri alias tanpa tim sama sekali. Mulai dari meracik dan membuat adonan, memasak, jadi admin, hingga bagian pengiriman saat ada pemesanan.

“Maksudnya gua ngerjain sendiri, gua nggak bisa bikin yang lumayan banyak juga. Gua bener-bener yang kayak bikin adonan sendiri, masak bumbunya sendiri, urus pengirimannya sendiri, pokoknya semuanya sendirilah. Jadi admin juga, nyatet-nyatetin,“ tuturnya.

Rafael kemudian mulai memiliki ide untuk menjajal seblak racikannya sendiri. Ia juga iseng mengunggah mukbang seblak tersebut ke beberapa platform media sosial. Keisengannya itu ternyata berujung viral. Bahkan kini bisnis seblak Rafael juga cukup berkembang. Ia diketahui memiliki brand seblak sendiri, yakni Seblak Mamang Rafael.

Rafael menyebut, meski masih banyak mendapat komentar negatif dengan konten seblaknya, ia tidak peduli. Pasalnya, ia merasa tak merugikan siapa pun.



“Banyak yang bilang juga apaan sih ini lebay banget nih Rafael, seblak Rafael, seblak Rafael, ini kan seblak udah dari zaman dulu. Ada yang bilang juga gara-gara seblak Rafael nih istri saya masuk rumah sakit. Lah kan bukan gue yang masak ya,” ujarnya.

Apalagi, menurut Rafael, konten seblaknya yang viral itu membawa dampak positif untuk mendongkrak usaha para pelaku UMKM yang menjual berbagai bahan untuk membuat seblak, salah satunya kerupuk.

“Komen yang negatif itu tuh ketutup banget sama komen-komenan dari tukang kerupuk. Mereka bilang makasih banget, karena sebelumnya tuh jualan kerupuk susah banget. Katanya paling juga sehari berapa gitu,” cerita Rafael.

“Sekarang dengan adanya seblak Rafael jadi kewalahan untuk nerima permintaan dari pasar-pasar. Juga banyak banget yang bilang jualan saya jadi laku katanya. Banyak banget yang nyari kerupuk, yang si kerupuk mawar hitam ya,” lanjutnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)